Merokok Menyebabkan Kebotakan


Sebagian besar penyebab rambut rontok adalah seringnya penggunaan bahan kimia, seperti saat mewarnai, pengeritingan, meluruskan rambut berulang-ulang atau salah menggunakan shampo. Tapi bagi perokok, racun pada rokok juga dapat memicu kerontokan rambut yang bikin cepat botak. Rokok tak hanya menyebabkan penyakit serius seperti jantung, paru-paru atau kanker, tetapi juga merusak penampilan seperti membuat kulit keriput, gigi kuning dan juga rambut rontok yang berpotensi mempercepat kebotakan. Jumlah nikotin dan karbon monoksida dalam rokok telah ditemukan dapat membatasi aliran darah. Hal ini terjadi karena setiap kali jumlah nikotin bertambah di dalam otak, menyebabkan tubuh mengaktifkan hormon stres sehingga membebaskan lemak yang disimpan ke dalam aliran darah. Hal tersebut dapat mengurangi oksigen dalam aliran darah. Padahal, agar folikel rambut berfungsi secara optimal dan menghasilkan pertumbuhan rambut di tingkat normal, sel harus mendapatkan oksigen, nutrisi dan mineral dalam jumlah yang cukup.
Hidayatullah.com–Merokok tak memiliki manfaat untuk kesehatan semua orang sudah tahu. Namun tahukah Anda bahwa rokok juga mempercepat tumbuhnya uban, kerontokan rambut dan kebotakan?
Rokok terdiri dari 4.000 bahan kimia berbahaya yang semuanya merusak kesehatan tubuh. Dari keseluruhan zat kimia yang ada, nikotin dan karbonmonoksida adalah ‘biang keladi’ kerusakan rambut.
Meskipun uban adalah salah satu dari masalah keturunan, namun ahli kecantikan Dr Jamuna Pai mengatakan rokok dapat memperburuk hal itu. Nikotin dapat menyebabkan pembuluh darah mengerut sehingga mempersulit untuk memompa darah dari arteri. Merokok juga menghasilkan karbon monoksida yang menghambat kapasitas darah untuk membawa oksigen dan mengeluarkan racun.
“Kedua faktor ini mencegah oksigenasi jaringan rambut dan menghapus radikal bebas dari tubuh. Halini bisa memperparah masalah rambut beruban dan kerontokan rambut,” ujar Pai seperti dilaporkan Times of India.
Baik pria maupun wanita berpotensi mengalami kebotakan. Kebotakan pada pria dipicu oleh hormon androgen laki-laki yang bertanggung jawab untuk kerusakan folikel rambut. Di sisi lain, wanita yang memiliki hormon androgen dan estrogen dalam tubuh mereka. Estrogen dapat berfungsi melawan efek dari androgen.
“Wanita bisa mengalami kebotakan juga, bahkan ancaman ini lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Namun efek negatif dari merokok membuat rambut rontok lebih banyak dialami oleh pria dibandingkan wanita (diasumsikan lebih banyak pria yang merokok dibanding wanita),” kata trichologist Dr Shah Apoorva.
Karbon monoksida dalam asap menurunkan kapasitas oksigen dalam darah. Merokok dapat menyebabkan pertumbuhan rambut untuk mengganti sel rambut yang mati akibat kerontokan rambut menjadi terhambat.
Demikian tadi adalah penjelasan mengenai merokok yang bisa menyebabkan kebotakan. Untuk itu agar Anda terhindar dari kebotakan sebaiknya jangan merokok. Sebenarnya peringat merokok sudah sangat jelas dan tercantum dalam kemasan rokok namun para perokok kenapa tidak jera dengan peringatan tersebut. Untuk itu bagi Anda yang ingin hidup sehat jangan meroko karena merokok juga bisa membunuh Anda secara perlahan.
Sumber : Hidayatullah.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Merokok Menyebabkan Kebotakan"

Post a Comment