Wednesday, February 13, 2013

Sebuah Hadits menerangkan, bahwa pada suatu hari sehabis salat berjama’ah, Nabi Muhammad SAW menahan para Sahabat dan berkata sbb : “Tamim Dari, seorang Kristian yang memeluk Islam, ia menceritakan kepadaku tentang Dajjal, yang cocok dengan apa yang pernah aku ceritakan kepada kamu”. Lalu beliau menceritakan pengalaman Tamim Dari sbb :

“Pada suatu hari ia berlayar dengan beberapa orang dari kabilah Lakhm dan Judham. Setelah berlayar sebulan lamanya, mereka mendarat di sebuah pulau, dimana mereka berjumpa untuk pertama kali dengan seekor makhluk yang aneh, yang menamakan dirinya Jassassh (makna aslinya mata-mata). Jassasah
memberitahukan kepada mereka tentang seorang laki-laki yang tinggal dalam Gereja. Kemudian mereka mengunjungi orang itu dalam Gereja, yang nampak seperti raksasa, yang tangannya diikat pada lehernya, dan kakinya diikat dengan rantai, dari lutut hingga mata-kaki. Mereka bercakap-cakap dengan orang ini, yang tiba-tiba ia bertanya kepada mereka tentang Nabi SAW, dan ia mengakhiri percakapannya dengan ucapan: ‘Aku adalah Masihid Dajjal, dan aku berharap semoga aku segera dibebaskan, lalu aku dapat menjelajahi seluruh dunia, kecuali Makkah dan Madinah“.

Satu hal yang sudah pasti ialah bahwa seluruh cerita ini bukanlah kejadian biasa, melainkan sebuah visiun (ru’yah). Adapun bukti bahwa kejadian itu terjadi dalam ru’yah ialah adanya kenyataan bahwa Dajjal bertanya kepada mereka sbb: “Ceritakanlah kepadaku tentang Nabi bangsa Ummi (bangsa Arab), apakah yang ia kerjakan”.

Pertanyaan mereka dijawab sbb: “Beliau meninggalkan Makkah dan sampai di Madinah”. Dalam Hadits lain, Dajjal diriwayatkan bertanya sbb: “Orang ini yang muncul di antara kamu, apakah yang ia kerjakan?” (Kanzul-Ummal jilid VII, hal 2024).

Bagaimana mungkin Dajjal tahu bahwa Nabi bangsa Arab telah muncul? Apakah Dajjal telah menerima wahyu? Sudah barang tentu tidak. Dan pula tak mungkin bahwa ini adalah perkara tekaan.

Kejadian-kejadian lain yang diceritakan dalam Hadits ini, semuanya menguatkan pendapat bahwa ini terjadi dalam ru’yah. Misalnya, siapakah yang mengikat tangan Dajjal pada lehernya? Siapakah yang mengikat kakinya dengan rantai? Bolehkah kami mengira bahwa Dajjal dilahirkan dalam keadaan demikian? Mengapa jassasah tidak melepas rantai Dajjal? Segala persoalan yang rumit ini hanya dapat dipecahkan apabila kami menganggap ceritera ini berasal dari ru’yah Tamim Dari.

Segala sesuatu yang diketahui oleh Nabi Suci yang berhubungan dengan masalah ini juga berlandaskan ru’yah. Allah tak pernah membawa beliau ke sebuah pulau, dan menyuruh beliau melihat Dajjal dengan mata-kepala sendiri. Sebaliknya, hanya melalui ru’yah sajalah, beliau melihat sifat-sifat Dajjal. Beliau menyajikan ru’yah Tamim Dari ini, sekadar untuk memperkuat apa yang diketahui oleh beliau dalam ru’yah sebagaimana beliau menceritakan juga impian para Sahabat lainnya. Hadits ini memberi petunjuk kepada kita, di mana tempat-tinggal Dajjal :

1. Ia tinggal di sebuah pulau.
2. Letak pulau ini sejauh satu bulan pelayaran dari Syria.

Masih ada satu lagi yang orang dapat ketahui dari Hadits ini, yakni, bahwa pada zaman Nabi, Dajjal sudah ada, tetapi ia belum diizinkan keluar.
Categories:

44 comments:

  1. Namun ada yang bialng bahwa dajjal itu adalah bangsa dan kebudayaan..
    masih remang-remang mana yang benar.. antara manusia bangsa dan kebudayaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, memang ada yang mengatakan bahwa dajjal adalah sebuah perumpamaan suatu kaum yang dikatakan bahwa surganya sebenarnya neraka dan sebaliknya.

      Delete
  2. Syaikh Nashir Abdurrahman As Sa’di, salah seorang ulama timur tengah yang bermanhaj salaf sekaligus guru dari banyak para masyayikh di Saudi mengeluarkan statemen yang menurut kami sangat brilian. Beliau menjelaskan —berdasarkan nash-nash yang ada— bahwa Dajjal akan muncul dengan membawa dua fitnah besar; fitnah yang berupa sebuah paham dan sistem dan fitnah Dajjal dalam bentuk sosoknya yang benar-benar akan muncul di akhir zaman dengan membawa fitnah bagi seluruh manusia. Adapun Dajjal sebagai sebuah sistem (simbol) berpulang pada tiga fitnah besar; materialisme, atheisme dan zionisme. Ketiganya merupakan fitnah yang hampir seluruh umat manusia terkena fitnah ini. Sedangkan Dajjal sebagai sebuah person merupakan fitnah yang selama ini kita kenal sebagai fitnah Dajjal yang sesungguhnya; di mana pada akhir zaman nanti sosok manusia jahat ini akan keluar untuk meneror kaum muslimin dan mengklaim ketuhanan dirinya. Wallahu’alam....

    ReplyDelete
  3. asli gak nih gan??
    Kalo asli pun thanks yah udah berbagi

    ReplyDelete
  4. Dajjal sebenarnya jibril sendiri. Di mana nanti pada akhir zaman ia akan mengungkap sebuah misteri yang akan membuat umat islam kaget dan terkentut-kentut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. identitas dajjal sangat mudah diketahui, nabi kami sudah memberitahukan siapa itu dajjal (antichrist) sebenarnya.

      nabi menyuruh kami ummat islam untuk membacakan sepuluh ayat pertama surah al kahfi yang isinya adalah celaan kepada orang yang mengatakan kalau allaah memiliki anak, padahal yang berkata dan bahkan nenek moyangnya sekalipun tidak tahu mengenai apa yang mereka katakan. yang mereka katakan itu tak lain hanyalah "dusta".

      kita sama sama tahu, siapa yang berkeliling dunia dan mengatakan bahwa allaah memiliki anak. sebuah kebohongan besar yang mereka ucapkan itu. sungguh sangat jelas siapa dajjal itu, sampai sampai nabi mengatakan ada tulisan kafir di dahinya. yang artinya nyata sekali kekafirannya.

      islam adalah keselamatan. siapa pun di luar islam, TIDAK AKAN SELAMAT. siapapun yang kafir adalah ANTICHRIST.

      Delete
  5. Dajjal sebenarnya jibril sendiri. Di mana nanti pada akhir zaman ia akan mengungkap sebuah misteri yang akan membuat umat islam kaget dan terkentut-kentut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngawur, komentar tidak ada dasarnya yg jelas....

      Delete
    2. iya nih ngawur. jibril itu sebenarnya malaikat yang sangat taat kepada allah Swt.

      Delete
    3. iya nih komennya ngawur. jibril kan malaikat yang sangat taat kepada allah Swt. Jadi Jibril bukanlah Dajjal

      Delete
    4. Jibril itu sebutan lainnya adalah GABRIEL. Tak lain adalah ROH KUDUS yang disebut oleh nasrani yang ditugaskan Alloh yang MAHA ESA untuk mengabarkan perawan MARYAM (MARIA) tentang dikandungnya dan akan lahirnya nabi ISA ALAIHISSALAM. Kadar keilmuan seseorang ternyata dapat diduga dari mulut(jari) nya. Maka jaga mulut (jari) mu dari pengungkapan kebodohan mu.

      Delete
  6. Saya kira Dajjal itu adalah Perumpamaan terhadap suatu pemahaman dan budaya sejak awal zaman hingga saat ini yang sedang kita alami. Yang telah memecah belah dan merusak keseimbangan yang ada di alam. Baik Islam itu sendiri, kristen, budha, hindu, konghucu, shito, komunis, liberal, dan seluruh pemahaman beserta idiologi yang ada pada masyarakat saat ini, itulah Dajjal. Karena seluruh agama yang ada menganggap pihak merekalah yang paling benar. Sedangkan kemajuan iptek perlahan tapi pasti sedang mengarahkan bumi ini menuju kehancuran. Sedangkan pemahaman yang bebas menjadikan manusia menjadi makhluk terbuas di alam ini. Intinya Dajjal itu tak lain adalah kita para manusia itu sendiri. Namun jika kita mau masih ada kesempatan untuk mengembalikan keseimbangan alam ini seperti awal zaman. Dengan menanamkan paham bahwa kita semua seluruh penghuni bumi adalah satu keluarga yang seharusnya saling menjaga dan melindungi satu sama lain. Menurut saya saat ini pada Bumi ini sedang menjadi Neraka. Namun siapakah yang berkemauan untuk mengembalikannya menjadi Surga? (bambangtiawane@gmail.com/081233603776)

    ReplyDelete
  7. Saya kira Dajjal itu adalah Perumpamaan terhadap suatu pemahaman dan budaya sejak awal zaman hingga saat ini yang sedang kita alami. Yang telah memecah belah dan merusak keseimbangan yang ada di alam. Baik Islam itu sendiri, kristen, budha, hindu, konghucu, shito, komunis, liberal, dan seluruh pemahaman beserta idiologi yang ada pada masyarakat saat ini, itulah Dajjal. Karena seluruh agama yang ada menganggap pihak merekalah yang paling benar. Sedangkan kemajuan iptek perlahan tapi pasti sedang mengarahkan bumi ini menuju kehancuran. Sedangkan pemahaman yang bebas menjadikan manusia menjadi makhluk terbuas di alam ini. Intinya Dajjal itu tak lain adalah kita para manusia itu sendiri. Namun jika kita mau masih ada kesempatan untuk mengembalikan keseimbangan alam ini seperti awal zaman. Dengan menanamkan paham bahwa kita semua seluruh penghuni bumi adalah satu keluarga yang seharusnya saling menjaga dan melindungi satu sama lain. Menurut saya saat ini pada Bumi ini sedang menjadi Neraka. Namun siapakah yang berkemauan untuk mengembalikannya menjadi Surga? (bambangtiawane@gmail.com/081233603776)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu cuma perumpamaan
      tapi dajjal itu memang makhluk nyata yang akan datang di hari akhir

      Delete
    2. hadeuh...ente kebanyakan mikir sendiri tanpa pemahaman agama.....=="

      Delete
  8. Hadis Huzaifah r.a katanya: Rasulullah s.a.w. telah bersabda: Dajjal ialah orang yang buta matanyasebelah kiri, lebat (panjang) rambutnya serta dia mempunyai Syurga danNeraka. Nerakanya itu merupakan Syurga dan Syurganya pula ialah Neraka(Hadis Sahih Muslim)
    Ada beberapa ciri perawakan Dajjal yg disebutkan dalam Hadis Rasulullahsaw, diantaranya:
    Seorang yg kelihatannya masih muda;Berbadan Besar dan agak kemerah-merahan;Rambutnya kerinting dan tebal. Kelihatan dari belakang seolah-olah dahankayu yg rimbun.

    Dan tandanya yg paling ketara sekali ada dua:Pertama: Buta mata kirinya dan kelihatan seperti buah kismis yg kecut,manakala mata kanannya tertonjol keluar kehijau-hijauan berkelip-keliplaksana bintang. Jadi kedua-dua matanya adalah cacat.Kedua: Tertulis didahinya tulisan "Kafir (Kaf-Fa-Ra)". Tulisan ini dapatdibaca oleh setiap org Islam, sama ada ia pandai membaca atau tidak.Mengikut hadis riwayat At-Thabrani, kedua-dua tanda ini menjelma dalam diriDajjal setelah ia mengaku sebagai Tuhan. Adapun sebelum itu, kedua-dua tandayg terakhir ini belum ada pada dirinya.

    ReplyDelete
  9. dajjal itu sebenarnya manusia, dia adalah pemimpin kaum Yahudi yang di tangguhkan kematiannya seperti Nabi Isa yg d angkat ke surga dan juga syaitan yg tangguhkan kematiannya hingga kari kiamat kelak
    d beberapa riwayat dajjal itu telah ada sejak zaman Nabi Sulaiman lalu Beliau menangkap dan mengurungnya, ayahnya adalah seorang yahudi berperawakan gemuk, hidungnya seperti paruh burung yg msih keturunan dukun atau semacamnya dan ibunya jg wanita yg gemuk (entahlah ada yg mengatakan ibunya berasal dari keturunan jin)
    dajjal d janjikan akan d bebaskan di akhir zaman dan d izinkan menggoda umat manusia
    dajjal meskipun manusia mempunyai beberapa kelebihan seperti :
    a. mempunyai kesaktian yg luar biasa yg akan d gunakan untuk menipu manusia agar mau jd pengikutnya
    b. membawa seperti syurga dan neraka bersamanya, yg sebenarnya nampak seperti syurga sesungguhnya adalah neraka dan yg nampak seperti neraka sesungguhnya adalah syurga
    c. mempunyai sungai api dan sungai air, kelak manusia akan d suruh memilih sungai yg mana

    ReplyDelete
  10. ap ad di sekitar segitiga bermuda bgt

    ReplyDelete
  11. coba cek pesawat2 tempur trbaru milik israel, ada tulisan Kafir....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, malah belum tau saya, visit juga http://muslim-login.blogspot.com/

      Delete
  12. Dajjal itu makhluk Allah yg nyata, mata dia buta sebelah..
    Dia bernama asli Samiri, dulu pernah hidup di dunia ini pada zaman Nabi Musa.. Wallahu'alam bissawab..

    ReplyDelete
  13. Dajjal itu terlahir dari hubungan suami istri yg sedang haid,dia lahir sejak jaman nabi Musa,dan orang yg mengikat Dajjal inshaallah yaitu Nabi Muhammad,dan dia akan lepas saat danau Tiberias kering,subhanallah memang begitulah sekenario dunia ini,dan semua sudah di takdirkan,kita sebagai manusia Hanya bisa beribadah dg sebaik mungkin mengikuti ajaran baginda Nabi Muhammad SAW.

    ReplyDelete
  14. Dajjal itu terlahir dari hubungan suami istri yg sedang haid,dia lahir sejak jaman nabi Musa,dan orang yg mengikat Dajjal inshaallah yaitu Nabi Muhammad,dan dia akan lepas saat danau Tiberias kering,subhanallah memang begitulah sekenario dunia ini,dan semua sudah di takdirkan,kita sebagai manusia Hanya bisa beribadah dg sebaik mungkin mengikuti ajaran baginda Nabi Muhammad SAW.

    ReplyDelete
  15. tapi apa makna dajjal dari bermata satu & dahi bertuliskan kafirun??

    ReplyDelete
  16. tapi apa makna dajjal dari bermata satu & dahi bertuliskan kafirun??

    ReplyDelete
  17. tapi apa makna dajjal dari bermata satu & dahi bertuliskan kafirun??

    ReplyDelete
  18. Kalau dajjal adlh sebuah istilah,
    apa makna dajjal dari bermata satu & dahi yg bertuliskan kafirun??

    ReplyDelete
  19. Kalau dajjal adlh sebuah istilah,
    apa makna dajjal dari bermata satu & dahi yg bertuliskan kafirun??

    ReplyDelete
  20. Kalau dajjal adlh sebuah istilah,
    apa makna dajjal dari bermata satu & dahi yg bertuliskan kafirun??

    ReplyDelete
  21. dajjal itu ada banyak.. di bagi jadi berapa saya lupa..
    menurut salah satu pendapat dajjal adalah sebuah faham, dan yang menganut faham tersebut,,
    kemudian dajjal terbesar (yang membawa fitnah terbesar, ciri cirinya telah disebutkan di atas.. ) akan muncul sesaat sebelum hari ahir.. kemudian di turunkannya imam mahdi, kemudian nabiullah isa almasih yang beliau akan membunu dajjal.. dan menuntun umat manusia ke jalan Allah.. dengan syari'at syari'at Nabi agung Muhammad SAW. wAllahu a'lam.

    ReplyDelete
  22. dajjal itu mahluk atau paham, atau negara USA dan Israel yang pasti nya
    jasa seo, jual software seo, konsultan seo

    ReplyDelete
  23. Kepada Yth.Admin Blog Zilzaal

    Assalamualaikum Wr Wb

    Saya menyenangi blog anda karena banyak konten menarik, terutama konten-konten tentang dunia Islam dan dinamikanya.
    Yang juga artinya anda adalah orang yang concern di jalan Islam. Saya menyimpulkan begitu.

    Tapi, saran saya, iklan-iklan yang anda pasang cukup menggangu pengunjung, terutama yang pop-ads, terkadang yang muncul malah gambar wanita seronok. Jelas ini mengganggu dan bertentangan dengan tema dari blog ini yang cukup Islami. Trus adalagi link download CD Windows bajakan. Membajak karya orang sama dengan mencuri. Blog Islami tapi menyediakan link barang curian??. Are you kidding me?

    Intinya, silakan beriklan, silakan raih pendapatan dari sana

    Kalo seandainya blog anda ini tidak bertema Islami, maka mungkin saya tidak akan kritik. Anda bebas melakukan apa saja. Tapi mengingat blog anda BERTEMA ISLAMI, maka anda punya beban moral. Iklan harus disaring, tidak menganggu dan tidak bermuatan dosa (gambar seronok, link curian, dll).

    Mungkin itu saran dan kritik membangun dari saya. Mohon jangan dianggap sebagai suatu kebencian, tapi lebih kepada mengingatkan sesama Muslim.

    Akhir kata,
    Wassalam

    ReplyDelete
  24. baca paham Illuminati, mereka mempunyai logo piramid bermata satu di atasnya. Mereka mengajarkan paham kesempurnaan manusia tanpa Tuhan. Mrk sudah tersebar di berbagai belahan dunia, mungkin saat ini mrk sudah menguasai bank sentral dunia!

    ReplyDelete
  25. Dajjal sudah ada...ceo facebook mempunyai ciri dajjal..try search facebook telah
    Mengyahudikan kita..baca 2..klau benar,maknanya ia satu penyesatan..
    Dajjal akan keluar di akhir zaman n menyesatkan umat manusia..dia juga
    Seorang freemason illuminati(mata satu)
    Hadis mengatakan tanda mata satu dan tulisan kafir akan muncul apabila dajjal
    Mengaku dirinya sbg tuhan.

    ReplyDelete
  26. subhanallah..
    walohualam bisowaf, hanya Allah lah yang tau bentuk asli dajjal itu tidak akan ada yang mengetahuinya..

    semoga bermanfaat http://tanjungherbal.com/shampo-noni-bsy/

    ReplyDelete
  27. Gia@lo dajalnya,ntar muka lo yg dikentutin.

    ReplyDelete
  28. DAJJAL adalah suatu Makhluk bukan suatu Paham Because What ????? Karena tertera nya tulisan Kafir di JIDAT nya dan hanya orang2 yg beriman yg bisa melihat tulisan tersebut bukan semua orang yg bisa melihat tulisan tersebut Nei Nei Nei tidak semudah itu You Know !!!!!
    Klo pun suatu PAHAM mengacaukan kehidupan MANUSIA di muka BUMI ini itu bukan brarti sosok DAJJAL tetapi justru itu adalah HASIL dari FITNAH si DAJJAL You Know You Know !!!!!
    Sekian n Terimakasih
    Peace Love n Frienship
    Ciao Bye Bye Sayonara

    ReplyDelete