Di datangkan Krisdayanti dan Dai Batam dalam Acara Pernikahan Mubarak 70 Santri Gunung Tembak


Pernikahan adalah kejadian, kejadian dimana perjanjian antara dua manusia terjadi. Perjanjian suci menurut Islam sangatlah berat. Karena memerlukan tanggung jawab, komitmen, dan kasih sayang. Pernikahan adalah hal normal yang dibutuhkan manusia. Dalam islam, hukum pernikahan adalah sunnah. Tapi dapat menjadi wajib, makruh, atau bahkan haram. Urusan dan detail-detail pernikahan mulai yang sederhana sampai terumit sudah diatur dalam Islam secara lengkap. Pernikahan dapat menjadi jalan bagi yang sudah tidak dapat menahan hawa nafsunya. Pernikahan dapat juga berarti untuk membangun keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah serta memiliki keturunan yang dididik menjadi sebaik-baiknya manusia dan membawa nama baik keluarga. Karena pernikahan adalah sebuah ikatan atau perjanjian, dijelaskan bahwa pernikahan memiliki tata cara dan proses. Ijab dan qabul diucapkan untuk menandakan pernikahan yang sah dan pasangan siap untuk melangkah ke babak kehidupan baru. Pernikahan telah dituntunkan oleh Rasulullah SAW sebagai ibadah apabila dilakukan berdasarkan niat yang tulus dan ikhlas. Islam memang agama yang lengkap dengan segalanya yang telah diatur dan memiliki ketentuan. Termasuk pernikahan yang sakral. Pasangan suami istri haruslah memahami satu sama lain. Hidup bersama berarti juga menghilangkan sifat individualis. Saling membutuhkan satu sama lain baik secara biologis maupun psikologis. Suami harus menafkahi istri dan istri harus berbakti kepada suami. Segalanya akan lebih indah jika berpedoman pada nilai-nilai Islam.
Hidayatullah.com- Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah (YPPH) Balikpapan kembali menggelar pernikahan mubarak untuk kesekian kalinya. Pada Ahad (29/03/2015) pagi, sebanyak 70 orang santri-santriwati dinikahkan secara massal di Masjid Ar-Riyadh, Gunung Tembak, Balikpapan, Kalimantan Timur.
Ke-35 pasang pengantin putra ditempatkan di ruang utama sementara masjid yang sedang dalam perombakan itu. Sedangkan lokasi para pengantin putri bertempat di area khusus wanita, sekitar 100 meter di samping masjid.
Ketua YPPH Balikpapan Ustadz Zainuddin Musaddad mengatakan, di antara tujuan kegiatan ini untuk menjalankan salah satu syariat Islam yaitu pernikahan. Dengan harapan, kelak dari pernikahan massal ini akan lahir kader-kader pembela Islam.
“Cita-cita melahirkan generasi, cita-cita menjadi keluarga sampai detail, kiranya kita rekam kembali (harapan ini. Red). Sehingga kita betul-betul menjadi saksi dari keabadian kebahagiaan mereka (para pengantin), dunia dan akhiratnya,” ujar sang ustadz dalam sambutannya usai akad nikah.
Ada Krisdayanti
Dalam prosesi ijab-kabul, para pengantin dibagi menjadi lima kelompok (lima meja aqad). Setiap meja dikawal seorang petugas KUA Balikpapan Timur. Pantauan hidayatullah.com di lokasi acara, rangkaian pernikahan ini agak dihebohkan oleh “kehadiran” Krisdayanti.
Yang dimaksud adalah Krisdayanti binti Sabang, salah seorang pengantin putri. Karuan saja, saat nama yang mirip seorang artis terkenal itu disebut oleh pembawa acara, hadirin langsung kasak-kusuk.
Ada yang tertawa mendengarnya, ada pula yang bertanya-tanya terkait nama itu. Krisdayanti menikah dengan Suparman bin Cilele. Keduanya akan ditugaskan ke Biak, Papua.
“Mereka sama-sama asal Palopo (Sulawesi Selatan),” ujar Masykur, salah seorang panitia.
Yang bikin acara semakin heboh adalah Ustadz Jamaluddin Nur, dai asal Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Ia diundang khusus oleh panitia untuk menyampaikan hikmah nikah.
Maklum, Jamaluddin yang juga Ketua Pimpinan Wilayah Hidayatullah Kepri ini merupakan peserta pernikahan Mubarak 100 pasang di Gunung Tembak pada 1997 silam.
Dalam ceramahnya, Jamaluddin membuat kesakralan acara agak mencair. Melalui pantun-pantunnya, pria yang dikenal humoris ini menyampaikan nasihat pernikahan dengan agak berbeda.
Para pengantin putra mengenakan seragam peci dan baju koko putih, serta bawahan sarung hijau. Sementara putrinya berbusana hitam motif bunga-bunga, dengan kombinasi hitam-putih.
Para pengantin putra dan putri itu tak pernah bertemu langsung sebelumnya. Mereka baru saling bertemu saat penyerahan mahar di rumah-rumah warga pesantren yang telah ditentukan. Sebelum menikah, mereka mengikuti kegiatan pembekalan pra nikah selama sekitar 2 pekan. Mereka berasal dari berbagai wilayah se-Indonesia.
Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Agama Balikpapan, staf ahli Pemerintah Kota Balikpapan, Istri Walikota Balikpapan Arita Rizal Effendi, serta ribuan hadirin. Hadir pula KH Muhammad Arif Sulla, dai Indonesia yang kini bermukim di Arab Saudi.
Pada 16 Juni 2013 lalu, YPPH Balikpapan menggelar Pernikahan Mubarak Nasional Hidayatullah yang diikuti 49 pasang.
Demikian tadi adalah berita terkini mengenai pernikahan yang di ajarkan oleh agama. Semoga penjelasan tadi menjadi contoh dalam kehidupan Anda semuanya.

Sumber : Hidayatullah.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Di datangkan Krisdayanti dan Dai Batam dalam Acara Pernikahan Mubarak 70 Santri Gunung Tembak"

Post a Comment