Mencegah Diabetes Tipe Dua dengan Probiotik


Biabetes malitus (DM) merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan hiperglikemia dan intoleransi glokusa yang terjadi karena kelenkar pancreas tidak dapat memproduksi insulin secara adekuat yang atau karena tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang diproduksi secara efektif atau kedua – duanya. Ada dua tipe diabetes malitus ini, yang pertama adalah insulin - dependent atau childhood onset diabetes yang ditandai dengan kurangnya produksi insulin. Dan tipe yang ke dua adalah non-insulin-dependent atau adult – onset diabetes yang disebabkan karena ketidak mampuan tubuh dalam menggunakan insulin secara efektif yang kemudian mengakibatkan kelebihan berat badan dan kurang aktivitas fisik.
Salah satu faktor penyebab timbulnya DM tiep 2 adalah karena disebabkan oleh interaksi antara faktor – faktor kerentanan genetis dan paparan lingkungan. Faktor lingkunan yang dapat diperkirakan menjadi penyebab DM tipe 2 ini adalah terjadi perpindahan dari pedesaan ke perkotaan atau urbanisasi yang kemudian menyebabkan perubahan gaya hidup sesorang.Diabetes malitus tipe dua ini bisa dicegah dengan menggunakan Probiotik.
MEMASUKKAN minuman probiotik dalam menu diet dapat membantu mencegah resistensi insulin. Resistensi insulin merupakan karakteristik utama penyakit diabetes tipe dua.
Ahli kesehatan yang memuat hasil penelitian dalam British Journal of Nutrition menyimpulkan, salah satu penyebab resistensi insulin dan diabetes adalah konsumsi berlebihan makanan berlemak tinggi.
“Kami memperingatkan, konsumsi berlebihan lemak tinggi sekalipun dalam periode singkat, dapat memicu berkembangnya penyakit metabolik, seperti diabetes tipe dua,” kata Carl Hulston dari Universitas Loughborough.
“Probiotik berpotensi mencegah resistensi insulin secara signifkan,” tambah dia.
Dalam studi itu, para peneliti melibatkan 17 orang sehat dan membagi partisipan menjadi dua kelompok, lalu mengatur asupan makanan para partisipan di tiga minggu pertama studi.
Satu kelompok mengonsumsi dua botol minuman susu fermentasi probiotik setiap hari. Pada minggu keempat, kedua kelompok ini diberi asupan diet kaya lemak dan energi. Pada minggu yang sama, asupan probiotik tetap diberikan pada kelompok yang sama.
Hasil studi memperlihatkan, asupan lemak tinggi selama tujuh hari menurunkan sensitvitas insulin sekitar 27 persen.
Kelompok partisipan yang mengonsumsi minuman probiotik, terjaga glikemik dan insulinnya. Angka glikemik bergantung pada asupan makanan. Semakin tinggi indeks glikemik suatu makanan, maka semakin cepat dampaknya terhadap kenaikan gula darah.
Sejumlah makanan yang sedikit atau tidak mengandung karbohidrat seperti keju dan daging, memiliki indeks glikemik mendekati nol.
Hasil ini menunjukkan bukti lanjutan tak langsung bahwa perubahan dalam mikrobiota usus berhubungan dengan perkembangan penyakit metabolik pada manusia.

Sumber : hidayatullah.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mencegah Diabetes Tipe Dua dengan Probiotik"

Post a Comment