Akibat Menyakiti Binatang

Dikisahkan bahwa az-Zamakhsyari rahimahullah kakinya buntung. Ketika ditanya tentang sebabnya, dia mengatakan, "Karena do'a ibuku, sebab dulu ketika masih kecil aku merawat burung lalu aku ikat kakinya dengan tali, ternyata dia lepas dariku dan aku pun mengejarnya hingga dia masuk ke sebuah lubang, aku pun menariknya hingga kakinya patah. Melihat hal itu, ibuku benar-benar marah lalu berucap, 'Semoga Allah mematahkan kakimu sebagaimana kamu telah mematahkan kakinya.'


Ketika aku sudah dewasa, aku pergi ke Bukhara untuk menuntut ilmu lalu aku jatuh dari hewan kendaraanku, kakiku patah dan harus operasi untuk memotongnya." (Hayatul Hayawan 2/168—169 oleh ad-Damiri)

Dalam kisah ini terdapat faedah sebuah kaidah berbunyi "Al-jaza' min jinsil amal" (balasan itu tergantung pada amal perbuatan), juga menunjukkan bahwa do'a seorang ibu akan terkabul, serta anjuran untuk kasih sayang kepada binatang.

Dikutip dari Majalah al Furqon Edisi 5 Tahun keduabelas, Muharram 1434, Hal.54

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Akibat Menyakiti Binatang "

Post a Comment