Menjaga Kesehatan Otak


Otak adalah tempat untuk menyimpan berbagai memori atau ingatan hidup kita serta merupakan alat berpikir yang jauh lebih baik daripada otak binatang. Otak adalah satu organ vital yang ada pada tubuh kita, maka sudah selayak kita untuk menjaga kesehatan otak kita.
Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf didalamnya dipercayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya. Otak pada manusia akan selalu terjaga dengan baik apabila kita jaga kesehatannya, karena otak manusia merupakan salah satu organ vital yang ada pada tubuh manusia. Banyak cara yang dapt dilakukan menjaga kesehatan otak diantaranya salah satunya adalah Memberikan makanan yang baik untuk otak
BEBERAPA makanan diketahui bermanfaat bagi otak. Makanan-makanan itu dapat meningkatkan memori, sekaligus merupakan makanan sehat.
Laman Free Malaysia Today, Senin (21/9/2014) memuat makanan sehat tersebut:
Minyak ikan: Para ahli mengatakan bahwa minyak ikan seperti sarden, salmon, dan makarel, yang mengandung asam lemak omega-3, sangat baik untuk kesehatan otak. Mengkonsumsi minyak ikan dua kali seminggu dapat mengurangi risiko masalah otak serta mencegah hilangnya memori.
Sayuran berdaun: Sayuran berdaun lebar berwarna hijau gelap baik untuk kesehatan secara keseluruhan, terutama sangat bermanfaat bagi kesehatan otak. Santaplah selalu bayam dan brokoli karena sayur-sayuran itu mengandung antioksidan, asam folat, beta-karoten, dan vitamin C. Semua penting untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat.
Telur: Kuning telur memiliki sejumlah vitamin dan mineral, yang dapat meningkatkan kesehatan otak. Juga kaya akan zat besi untuk menciptakan sel-sel darah merah guna membawa oksigen ke otak. Telur akan membuat Anda tetap fokus dan waspada. Telur mengandung vitamin B12 dan iodine, yang bermanfaat meningkatkan memori.
Teh hijau: Apakah Anda tahu bahwa otak terdiri dari lebih dari 70% air? Itulah sebabnya kita mesti menjaganya agar tetap terhidrasi agar berfungsi dengan baik. Jika Anda bosan menyeruput air, secangkir teh hijau dapat sebagai gantinya. Para ahli mengatakan, teh hijau meningkatkan kewaspadaan mental dan juga meningkatkan memori. Antioksidan yang ada di dalamnya dapat mengurangi risiko demensia.
Coklat murni: Coklat ini mengandung flavonoid yang dikenal meningkatkan keterampilan kognitif. Flavonoid membantu menciptakan neuron baru di otak dan meningkatkan kemampuan untuk membuat memori baru. Selain itu, coklat murni dapat meningkatkan aliran darah ke otak.*
Demikian penjelasan seputar menjaga kesehatan adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang sehat yang bisa menyehatkan otak kita. Semoga bermanfaat.
Sumber : hidayatullah.com 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menjaga Kesehatan Otak"

Post a Comment