Teh Hijau Mencegah Kolesterol


Teh hijau telah lama dikenal sebagai pengganti minuman seperti kopi dll, yang lebih sehat karena rendah kandungan kafein dan mengandung antioksidan alami yang sangat kuat yang disebut dengan polifenol. Antioksidan jenis ini tidak hanya membantu menyehatkan tubuh, kulit, dan rambut, tetapi juga membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. Teh hijau juga merupakan pilihan yang sehat karena cara itu diproses. Teh hijau berasal dari daun tanaman Camellia sinensis yang hanya dikukus, sehingga mencegah hilangnya kandungan katekin. Sedangkan teh hitam atau teh oolong dibuat dari daun yang difermentasi, sehingga menyebabkan hilangnya senyawa anti oksidan. Teh hijau kini telah sangat populer di seluruh dunia, berbagai makanan, minuman, suplemen makanan kesehatan serta kosmetik sekarang banyak dibuat dari ekstrak teh hijau. Beberapa penelitian ilmiah di seluruh dunia menemukan bahwa yang minum teh hijau secara teratur lebih rendah memiliki resiko menderita sakit jantung dan bahkan kanker. Dibandingkan dengan teh biasa, teh hijau memiliki lebih sedikit kafein.Selain itu teh hijau lebih tinggi mengandung flavonoid (fitokimia yang ditemukan dalam produk tanaman) yang memiliki sifat  antioksidatif dan anti karsinogenik. Selain memiliki rasa yang nikmat ternyata teh hijau juga terkenal banyak memiliki khasiat yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Dalam sehari-hari kita warga Indonesia sering meminum teh hijau karena minuman teh hijau memiliki rasa yang cocok di minum dalam suasana apapun. Pada saat di siang hari, tentunya sangat terasa segar jika kita meminum teh hijau yang di campur dengan batu ES. Begitu pun saat di pagi hari teh hijau juga sangat nikmat di sajikan dalam keadaan hanga.
Hidayatullah.com–Minum secangkir teh hijau secara teratur ternyata dapat memangkas kolesterol dalam tubuh, dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Demikian menurut panelitian sejumlah peneliti di Peking Union Medical College di Beijing, baru-baru ini.
Xin-Xin Zheng bersama rekannya dari Peking Union Medical College di Beijing, melakukan penelitian terhadap 14 orang responden yang diharuskan meminum teh hijau atau ekstrak teh hijau selama tiga bulan. Hasilnya, cara ini dapat menghasilkan penurunan signifikan pada kolesterol jahat dalam darah, namun tetap membiarkan kolesterol baik pada tubuh.
Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition ini, zat pada teh hijau yang bernama katekin ini dapat membantu menyerap kolesterol jahat.
Terbukti mengurangi kolesterol sebesar 7,2 miligram per desiliter. Jumlah LDL kolesterol dalam tubuh pun turun rata-rata 2,2 mg/dl, atau sedikitnya berkurang dua persen dari kadar kolesterol.
Demikian tadi adalah manfaat dari minuman teh hijau yang bisa menurunkan kolesterol sehingga aman untuk di konsumsi atau di minum untuk berkepanjangan. Jika Anda menderita kolesterol sebaiknya Anda rutin untuk meminum minuman teh hijau ini. Menjaga kesehatan adalah hal yang sangat penting maka jagalah kesehatan tubuh Anda.

Sumber : Hidayatullah.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teh Hijau Mencegah Kolesterol"

Post a Comment