Konsumsi Buah Kurangi Risiko Penyakit Kardiovaskuler

BUAH-buahan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, kekebalan tubuh, kecantikan kulit wajah, menyegarkan tubuh, menjadikan wajah terlihat awet muda, mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit, seperti penyakit luar maupun penyakit dalam. Sebuah temuan baru menunjukkan bahwa makan buah setiap hari dapat memangkas risiko penyakit kardiovaskular (CVD) hingga 40 persen. Penelitian tersebut telah dipresentasikan dalam European Society of Cardiology Congress. Penelitian selama tujuh tahun terhadap setengah juta orang yang tidak memiliki riwayat CVD dan belum dirawat karena isu-isu terkait. Para peneliti memisahkan mereka menjadi lima kelompok berdasarkan jawaban mereka untuk kuesioner terkomputerisasi tentang seberapa sering mereka mengonsumsi buah: tidak pernah, bulanan, 1-3 hari per minggu, 4-6 hari per minggu, dan setiap hari. Para peneliti juga mengumpulkan informasi mengenai faktor gaya hidup lain seperti merokok, konsumsi alkohol, dan lain-lain.
 SATU penelitian selama tujuh tahun yang melibatkan hampir setengah juta materi, menyimpulkan bahwa mengonsumsi buah setiap hari mengurangi risiko berkembangnya penyakit kardiovaskular (CVD) sebesar 40 persen.
Dr Huaidong Du dari Oxford, Inggris, memaparkan penelitian itu di Kongres Masyarakat Kardiologi Eropa (ESC) di Barcelona, Spanyol, belum lama ini.
Orang-orang yang diteliti berasal dari 10 daerah di China. Sampel mencapai 451.681 peserta yang tidak memiliki riwayat gangguan Cerebrovaskular (CVD-Cerebrovaskular Desease, gangguan peredaran darah di otak) dan tidak minum obat untuk hipertensi.
Kebiasaan mengonsumsi buah dicatat dan dikategorikan sebagai berikut: tidak pernah, bulanan, 1-3 hari per minggu, 4-6 hari per minggu atau setiap hari.
Sekitar 18 persen dari peserta yang mengonsumsi buah setiap hari dan 6,3 persen tidak pernah mengonsumsi buah. Rata-rata konsumsi harian buah sekitar 150 gram.
Risiko CVD berkurang 25 sampai 40 persen untuk mereka yang makan buah setiap hari. Makan buah juga menurunkan tekanan darah.
Dilaporkan laman Metro, konsumsi buah setiap hari dikaitkan dengan 3,4 mmHg lebih rendah tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik 4,1 mmHg lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi buah.
Untuk mengetahui tingkat kematian, diteliti 61.000 peserta yang memiliki CVD atau hipertensi. Di antara kelompok ini, mengonsumsi buah setiap hari mengurangi risiko kematian sebesar 32 persen dibandingkan tidak mengonsumsi buah.
Kongres ESC 2014 adalah kongres internasional terbesar dalam kedokteran kardiovaskular yang berlangsung di Barcelona dari tanggal 30 Agustus sampai 3 September.*
Demikian informasi penting mengenai mengkonsumsi buah bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler, semoga dengan informasi apa yang telah saya sampaikan ini Anda bisa lebih berhati-hati untuk menjaga kesehatan tubuh Anda dan alangkah baiknya bila Anda setiap hari selalu mengkonsumsi buah, karena buah sangat baik sekali untuk kesehatan pada tubuh kita.

 Sumber : Hidayatullah.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Konsumsi Buah Kurangi Risiko Penyakit Kardiovaskuler"

Post a Comment