Belajarlah dari Sebuah Pengalamaman


Pepatah mengatakan bawa pengalaman adalah sebuah guru yang terbaik. Pengalaman adalah peristiwa yang benar-benar pernah dialami. Pengungkapan pengalaman secara narasi berarti mengemukakan atau memaparkan suatu peristiwa atau pengalaman yang pernah dialami berdasarkan urutan waktu terjadinya peristiwa. Pengalaman merupakan suatu proses pembelajaran dan pertambahan perkembangan potensi bertingkah laku baik dari pendidikan formal maupun non formal atau bisa diartikan sebagai suatu proses yang membawa seseorang kepada suatu pola tingkah laku yang lebih tinggi. Suatu pembelajaran juga mencakup perubahaan yang relatif tepat dari perilaku yang diakibatkan pengalaman, pemahaman dan praktek. (Knoers & Haditono, 1999).
Pentingkah kita belajar dari pengalaman? Tentu saja. Ada yang mengatakan jatuh di lubang yang sama adalah kebodohan. Maka jika kita belajar dari pengalaman bahwa di jalan itu ada lobang, keesokan harinya kita tentu akan melewati jalan yang berbeda. Mengapa kita perlu belajar dari pengalaman? Karena hidup ini adalah pengulangan. Siklus hidup manusia seperti lingkaran. Kejadian di masa lalu akan datang kembali di masa sekarang meski dengan berbeda bentuk. 
1) Hidup akan bermakna jika anda BELAJAR. Apa yang tidak anda ketahui tidak akan melukai anda. Anda harus tetap belajar agar eksis, dan sukses. Hidup terasa bermakna jika anda belajar dari pengalaman anda sendiri, baik yang negatif dan positif. Kita belajar bagaiman melakukan hal yang benar, dimana terkadang melakukan kesalahan terlebih dahulu. Kita juga belajar dari pengalaman orang lain, apakah yang positif atau negatif.

Kita belajar dari apa yang kita lihat - perhatikan.Melalui apa yang kita dengar - menjadi pendengar yang baik. Kita belajar dari apa yang kita baca. Belajar dari banyak sumber. Belajar dari guru, lagu dari pembicaraan dengan orang-orang yang peduli. Teruslah belajar.

2) Hidup akan bermakna jika anda MENCOBA. Tidak hanya dengan belajar;anda juga harus mencoba untuk mengetahui apakah anda bisa melakukannya. Cobalah melakukan sesuatu yang berbeda, mencoba membuat beberapa kemajuan, mencoba belajar beberapa ketrampilan baru.

Tidak berarti anda harus mencoba semuanya, tapi ada banyak hal yang bisa anda lakukan, jika anda mau mencobanya. Mencoba yang terbaik. Kerahkan seluruh upaya.

3) Hidup akan bermakna jika anda PEDULI. Peduli untuk memberikan hasil terbaik. Peduli melakukan perubahan. Peduli untuk menjadi pemenang

Demikianlah deskripsi dari sebuah pengalaman, kita sebagai manusia sudah pati kita tidak pernah terlepas dari sebuah masalah kehidup, namun hal ini jangan dijadikan sebagai penghalang bagi kita untuk terus maju. Alangkah bijaknya jika kita menjadikan masalah – masalah kita dengan menjadikan sebuah pengalaman dan pembelajaran kepada kita untuk tidak jatuh pada hal yang sama.
Sumber : pengusahamuslim.com 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajarlah dari Sebuah Pengalamaman"

Post a Comment