Penciuman Binatang Lebih Tajam dari Manusia


Semua binatang dilengkapi dengan jenis sistem penciuman yang paling sesuai bagi tempat hidup mereka. Indera penciuman anjing diperkirakan satu juta kali lebih tajam daripada indera penciuman manusia.

Dengan hidungnya, anjing dengan mudah dapat mencium bau terlemah di udara, sehingga mereka dapat melakukan berbagai hal yang mustahil dilakukan manusia dan mesin. Anjing dapat mencium bau jejak narkoba, barang selundupan, penjahat, orang hilang, atau bahkan korban bencana alam yang nyawanya dalam bahaya.

Mudik Berbekal Penciuman Tajam
Ikan Salem adalah hewan lain dengan indera penciuman yang benar-benar penting bagi kelangsungan hidupnya. Anak salem menetas dari telurnya di sungai menjelang akhir musim dingin.

Setelah menetas, mereka menghabiskan beberapa tahun di sungai ini sebelum berpindah ke lautan. Tapi, ada yang lebih menarik dari perpindahan ini, karena saat menginjak usia perkembangbiakan, ikan salem melakukan satu lagi perjalanan yang menakjubkan.

Pada usia ini, salem berusaha keras kembali ke tempat dulunya mereka ditetaskan, yakni “tanah kelahiran mereka”. Namun kali ini mereka pergi ke sana sebagai induk untuk meletakkan telur mereka sendiri.

Sang ikan tak memiliki perangkat pemandu arah untuk membantu mereka menentukan arah perjalanan panjang nan sulit ini. Tapi, mereka tetap mampu menemukan kampung halamannya dengan mudah.

Selain itu, setiap kali dihadapkan pada percabangan sungai, tanpa keliru mereka mengambil jalur yang tepat yang akan membawa mereka ke tempat mereka dilahirkan. Tapi, bagaimana mereka mampu melakukan pencapaian yang mengesankan ini?

Ini semua karena mereka dilengkapi indera penciuman luar biasa yang membantu mereka menemukan arah. Pendeknya, indera penciuman salem membantu ikan ini layaknya seorang pemandu andal di sepanjang perjalanannya yang dapat berjarak ribuan kilometer.

Mencari Sumber Darah
Dalam Al Qur’an, Allah juga mengarahkan perhatian kita kepada nyamuk. Nyamuk betina memerlukan darah untuk menghasilkan telur, dan menemukan sumber darah yang diperlukan ini dengan mencium bau udara.

Nyamuk betina mempunyai indera penciuman yang sedemikian tajam sehingga dapat dengan mudah mengenali zat kimia tubuh manusia yang jauhnya berkilometer.

Dalam ayat Al Qur’an berikut, Allah menyatakan bahwa nyamuk adalah bukti penciptaan, bukti yang mestinya kita renungi.
Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan: Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?." Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik. (QS. Al Baqarah, 2:26)

(insight-magazine)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penciuman Binatang Lebih Tajam dari Manusia"

Post a Comment