Ini Dia! Tujuh Senyawa Penguat Kekebalan Tubuh


Dalam berbagai makanan yang kita makan, Allah menyediakan beragam zat-zat makanan yang dapat meningkatkan kekebalan (imunitas) tubuh kita. Diantaranya vitamin C, vitamin E, beta karoten, seng, dan lainnya.

Kali ini akan mengurai lebih detail tentang tujuh senyawa penguat imunitas juga berbagai bahan makanan yang mengandung senyawa tersebut. Berikut ulasannya;

1.       Vitamin C

Vitamin C meningkatkan pengeluaran sel darah putih dan antibodi yang melawan penyakit. Selain itu, ia juga berfungsi meningkatkan kadar interferon yang melingdungi permukaan sel  agar tidak dimasuki virus. Makanan sumber vitamin C diantaranya adalah buah-buahan seperti jeruk, jambu batu, pepaya, dan sayuran segar.

2.       Vitamin E

Vitamin ini merangsang pengeluaran sel pembunuh yang mencari dan memusnahkan kuman serta sel kanker. Vitamin E menambah pengeluaran sel B yang bertugas menghasilkan antibodi pemusnah bakteri. Vitamin E banyak terdapat dalam kecambah, biji-bijian, dan kacang-kacangan utuh. Susu kedelai, tahu, dan tempe merupakan sumber vitamin E yang baik.

3.       Beta Karoten

Ia menambah jumlah sel yang melawan penyakit, sel pembunuh, dan sel T penolong, serta bermanfaat untuk melambatkan proses penuaan. Nutrisi ini juga merangsang sel imun dan makrofag agar menghasilkan nekrosis tumor yang akan membunuh sel kanker. Sumbernya terdapat dalam wortel, kubis, bayam, aprikot, labu, semangka, brokoli, dan mangga.

4.       Seng

Mineral ini akan menambah pengeluaran sel darah putih yang melawan penyakit dengan kuat. Seng juga meningkatkan sel-sel pembunuh kanker dan membantu sel darah putih membentuk antibodi. Selain itu, seng juga akan meningkatkan jumlah sel T yang akan melawan penyakit, terutama pada orangtua yang biasanya kekurangan seng. Sumber seng ini bisa didapatkan dalam makanan seperti tiram dan kerang-kerangan.

5.       Bioflavonoid

Bioflavonoid adalah kumpulan fitonutrien yang membantu sistem imun dengan melindungi sel-sel tubuh dari bahan pencemar alam. Makanlah berbagai jenis sayuran dan buah-buahan setiap hari agar Anda bisa mendapatkan flavonoid.

6.       Selenium

Mineral ini menambah sel pembunuh dan mengaktifkan sel-sel yang melawan kanker. Selenium merupakan mineral yang banyak terdapat dalam bawang putih. Sumber selenium lain adalah biji-bijian utuh, sayuran seperti brokoli serta tomat serta ikan laut.

7.       Lemak Omega-3

Lemak ini bertugas untuk merangsang sel imun melalui peningkatan aktivitas fagosit, yaitu sel darah putih yang memakan bakteri. Sumber lemak ini banyak terkandung dalam ikan.

Sumber: Jangan Ke Dokter Lagi! Keajaiban Sistem Imun dan Kiat Menghalau Penyakit, dr. Tauhid Nur Azhar dan Bambang Trim (MQ Gress, 2007)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Dia! Tujuh Senyawa Penguat Kekebalan Tubuh"

Post a Comment