Menarik, 5 Gereja Cantik Ini Justru Menjadi Tempat Ibadah Muslim

Seperti yang kita ketahui bahwa beragam agama dan kepercayaan dapat ditemui di berbagai belahan dunia sebagai pegangan hidup yang dimiliki manusia. Berdasarkan hal itu pulalah, beberapa tempat ibadah juga telah dibangun sebagai tempat di mana para kaum adam bertemu dan menyembah kepada Tuhan nya. Namun, bagaimana jika salah satu tempat beribadah beralih fungsi menjadi tempat ibadah agama lainnya?
Seperti yang diberitakan oleh merdeka.com sebelumnya, beberapa gereja yang berada di luar negri ini justru berubah fungsi menjadi masjid. Seperti yang kita ketahui, bahwa perkembangan umat muslim di berbagai negara dapat dikatakan sangat pesat dan terus meningkat setiap saatnya. Hal inilah yang kemudian membuat beberapa gereja tak terpakai lantas dijadikan sebagai masjid dengan persetujuan dari beberapa pihak.

Nah, seperti apa sih sejarah dan bentuk gereja yang telah berubah fungsi sebagai masjid tersebut?

Santo Petrus

Menurut surat kabar daily mail, gereja yang satu ini telah menjadi sebuah tempat yang tak lagi pernah dikunjungi oleh masyarakat terutama kaum nasrani. Gereja bernama Santo Petrus yang terletak di Inggris inilah yang lantas berubah fungsi menjadi sebuah masjid. Dan gereja ini tidak serta merta dimiliki oleh komunitas muslim, namun gereja yang satu ini memang sudah dalam tahap penjualan.

Dan untuk menjual gereja ini, beberapa petinggi yang mengurus gereja tersebut pun tengah bermusyawarah dan menemukan keputusan terbaik dengan menjual gereja tersebut. Seperti yang diberitakan, gereja tersebut bahkan tak mendapatkan perawatan yang baik lagi akibat kekurangan dana.

Masjid Jamme

 Masjid yang berikut ini merupakan salah satu pusat bagi kaum muslim yang terdapat di London. Tak hanya tempat beribadah, namun masjid ini juga memiliki madrasah bagi mereka yang ingin mengenyam bangku sekolah sebagai murid di masjid bernama Masjid Jamme Brick Lane ini.

Yah, pada tahun 1743, gedung ini merupakan salah satu tempat beribadah bagi para protestan. Namun akibat tak lagi digunakan, gedung ini lantas dijadikan sebagai pusat perkumpulan kaum muslim hingga saat ini. Seperti yang telah diberitakan, bahwa kaum muslim yang pertama menempati tempat ini merupakan imigran dari Bangladesh.

 Museum, Gereja, Atau Masjid?

  Gereja yang terletak di Turki inipun juga mengalami perubahan fungsi menjadi masjid. Setelah mengalami berbagai perubahan, gedung bernama Hagia Sophia ini bahkan pernah berubah fungsi menjadi museum yang terkenal di istanbul. namun sejarah yang terjadi di balik pembangunan gedung ini yang lantas membuatnya bertahan sebagai masjid hingga kini.

Namun beberapa pihak merasa bahwa gedung tersebut tak pantas untuk dijadikan sebagai sebuah masjid. Oleh karenanya, beberapa pihak masih kerap melakukan demo untuk mengubah masjid itu kembali menjadi sebuah museum.

Gereja Gothik

 Kisah yang sama pada gereja yang berbah fungsi juga dialami oleh salah satu gereja gothik yang terdapat di Manchester, Inggris. Gereja ini sudah tak lagi menunjukkan adanya tanda-tanda kaum nasrani yang mendatangi gereja untuk beribadah. Alhasil gereja inipun di jual yang kemudian juga di beli oleh komunitas islam sebagai masjid bagi mereka.

Walau sebelumnya terdapat beberapa patung dan ornamen yang menunjukkan tanda nasrani, kini berbagai barang tersebut telah dipindahkan. Bahkan, beberapa bagian gedung pada gereja yang bernama Didsbury Mosque inipun juga dijadikan madrasah oleh pemiliknya. Dan benar saja, kini gereja yang telah berubah fungsi sebagai masjid itu pun menjadi tempat yang ramai oleh para jemaat muslim.

Gereja Tak Bertuan

 Masih dengan kasus dan alasan yang sama. Sebuah bangunan gereja di Kota Clitheroe, Wilayah Lancashire, Inggris kini telah berubah fungsi sebagai masjid. Alasannya? Tentu saja karena gedung yang dulunya merupakan gereja itu sudah tak lagi didatangi oleh para jemaat nasrani untuk beribadah.

Hal inilah yang lantas membuat umat muslim di daerah tersebut memutuskan untuk menggunakannya sebagai tempat beribadah. Sementara kaum muslim di sana juga sempat mengalami kekurangan tempat beribadah yang bisa ditemukan. Dan terciptalah keinginan mereka dalam menemukan tempat ibadah berupa gedung yang layak dan nyaman.

Wah-wah bagaimana nih pendapat Anda dengan perubahan fungsi ini?



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menarik, 5 Gereja Cantik Ini Justru Menjadi Tempat Ibadah Muslim"

Post a Comment