Hati-hati Kosmetik Berbahan Kecoa

Sejak lama, berbagai bunga, tumbuhan hingga akar-akaran diolah menjadi produk kecantikan. Beberapa ekstrak binatang juga diketahui dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik. Namun siapa sangka, kalau kecoa masuk dalam daftar bahan dasar produk kosmetik.
Surat kabar AS, LA Times, melaporkan kalau kecoa digunakan oleh beberapa perusahaan kosmetik sebagai bahan produknya. Ini tentu bukan tanpa alasan.

Ternyata, kecoa merupakan sumber protein tinggi dan harganya cukup murah. Jenis kecoa yang digunakan untuk kosmetik bukan kecoa yang biasa kita temui di selokan atau rumah.

Kecoa yang dijadikan bahan kosmetik adalah jenis Periplaneta Americana. Ini merupakan jenis kecoa Amerika yang tubuhnya berwarna cokelat kemerahan dengan panjang sekitar 1,6 cm.

Kecoa tersebut diternakkan untuk kebutuhan industri di Amerika Serikat dan Tiongkok. Los Angeles Times, satu peternakan kecoa mampu menghasilkan uang sekitar US $10.000 per tahun.

Jangan kaget jika suatu hari Anda menemukan ada lambang atau tulisan kecoa di kosmetik. Untuk tiap kosmetik yang mengandung kecoa, badan pengawas obat dan makanan AS (FDA) memang menginstruksikan agar mencantumkan dalam label agar konsumen mengetahuinya. (pm/beritasatu)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hati-hati Kosmetik Berbahan Kecoa"

Post a Comment