Ketegangan Antara Israel Dan Mesir Kembali Memanas

PERDANA Menteri Israel Benjamin Netanyahu dilaporkan telah memperingatkan Mesir untuk menarik tank-tank miliknya dari  semenanjung Sinai. Peringatan terhadap Mesir itu membuat Netanyahu terpaksa meminta bantuan Amerika, untuk menghindari hubungan yang lebih buruk lagi dengan Kairo sejak kejatuhan Hosni Mubarak.

Sumber-sumber keamanan Mesir mengatakan bahwa pekan ini mereka sedang bersiap-siap untuk mengirimkan pesawat dan tank-tank ke semenanjung Sinai untuk pertama kalinya sejak perang dengan Israel tahun 1973 dan akibat insiden yang menyababkan 15 orang tentara penjaga perbatasan tewas 6 Agustus lalu. Insiden yang langsung memicu ketegangan terbaru antara Mesir dan Israel.

Berdasarkan perjanjian perdamaian, Mesir hanya boleh mengirimkan tentara bersenjata nya di sepanjang perbatasan Israel. Dan masuknya kendaran lapis baja dalam jumlah banyak hanya diperbolehkan di zona di sisi paling barat semenanjung, dalam 30 mil (50 kilometer) dari Terusan Suez.

Pejabat Israel berbicara kepada Reuters, mengatakan Mesir telah mengirim beberapa kendaraan lapis baja ke semenanjung Sinai dan Israel dalam hal ini Netanyahu merasa terusik oleh masuknya kendaraan lapis baja Mesir di Sinai tanpa koordinasi.
SHARE

About Muhammad Ismail

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. bagaimana Israel mau berperang dengan negara anti Zionis jika terus meminta bantuan pada amerika.Melawan Hizbullah yg notabene bentukan Pemerintah Iran aja belum bisa..

    ReplyDelete