Bahaya Dari Asap Rokok 1,1 Miliar Warga China Menderita


Sudah seringkali kita mendengar tentang bahaya merokok bagi kesehatan. Dalam iklan-iklan rokok selalu tertera peringatan tentang penyakit-penyakit yang diakibatkan karena merokok, seberapapun kecilnya peringatan tersebut. Namun pada kenyataannya, masih saja perokok-perokok beredar dimana-mana … kagak ade kapoknya! Maka sebagai generasi muda, pewaris tanah air Indonesia, kita perlu memahami lebih jauh mengapa merokok itu bisa mengancam kesehatan kita.
Perokok pasif adalah seseorang yang tidak merokok secara langsung namun menghirup asap rokok dari orang-orang yang merokok di sekitarnya seperti di rumah maupun di lingkungan kerja. Meski tidak secara langsung merokok, perokok pasif bisa turut terkena dampak buruknya juga. Makin sering seseorang terpajan asap rokok, makin tinggi pula risiko gangguan kesehatan yang dialaminya. Menghirup asap rokok dapat berdampak buruk, baik secara sementara maupun dalam jangka panjang. Terpajan asap rokok dapat langsung menimbulkan gejala seperti mata merah, sakit kepala, dan batuk – batuk. Asap rokok yang tersebar mengandung lebih dari 7000 jenis bahan kimia. Ratusan di antaranya telah terdeteksi berbahaya, seperti karbon monoksida dan amonia.
Hidayatullah.com–Hampir 1,1 miliar warga China (Tiongkok) menderita karena merokok atau terpapar asap rokok sebagai perokok pasif.
Sekitar 356 juta orang berusia di atas 15 tahun adalah perokok, sementara 738 juta lainnya adalah perokok pasif, kata Jiang Yuan, Direktur Kantor Pengawasan Tembakau di Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tiongkok, Sabtu (20/12/2014).
Dia mengatakan penyakit pernafasan, jantung dan kanker akibat rokok telah menimbulkan beban ekonomi lebih dari 223,7 miliar yuan (35,9 miliar dolar AS) pada warga berusia 35 tahun atau lebih.
“Tiongkok harus menjalankan tindakan pengendalian tembakau yang menyeluruh, jangka panjang dan efektif,” kata Jiang Yuan sebagaimana disiarkan kantor berita Xinhua.
Tiongkok sedang mempertimbangkan larangan terhadap semua bentuk produk, penajaan, promosi dan iklan tembakau dalam rancangan peraturan yang disiarkan di kantor urusan legislatif di laman Dewan Negara pada November.
Rancangan peraturan tersebut melangar orang merokok di semua jenis tempat umum tertutup dan tempat terbuka di taman kanak-kanak, sekolah, perguruan tinggi, rumah sakit perempuan dan anak serta semua tempat pelatihan kebugaran.
Pada November, Pemerintah Kota Praja Beijing juga mengesahkan peraturan anti-merokok untuk melarang orang merokok di semua tempat umum tertutup, tempat kerja dan kendaraan angkutan umum. Peraturan itu akan berlaku  1 Juni tahun depan. (Uu.C003).
Demikianlah penjelasan mengenai bahaya dari merokok, selain ,membahayakan perokok aktif asap rokok juga membahayakan perokok pasif. Semoga dengan penjelasan di atas dapat memberi pengetahuan kepada kita akan bahaya dari merokok. Dan semoga kita dapat membiasakan diri untuk tidak mengkonsumsi rokok dalam jumlah banyak.

Sumber : hidayatullah.com 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Dari Asap Rokok 1,1 Miliar Warga China Menderita"

Post a Comment