Kesehatan Jantung Di Pengaruhi oleh Tulang dan Kalsium


Menjaga kesehatan tubuh harus di lakukan dengan benar dan hati-hati agar tubuh kita bisa sehat dan bisa beraktifitas untuk sehari-hari. Sebenarnya dalam menjaga kesehatan tubuh harus menjaga pola makan yang teratur. Menjaga kesehatan harus di perhatikan benar-benar khususnya untuk penyakit jantung. Jantung adalah organ yang harus kita jaga untuk kesehatan tubuh kita. Kesehatan jantung juga di pengaruhi dengan keadaan tulang dan kalsium yang terkandung di dalam tubuh. Agar jantung yang ada di tubuh kita tetap berfungsi kita harus menjaga tulang dan kalsium agar bisa melindungi jantung dari serangan penyakit. Untuk itu menjaga kesehatan harus kita lakukan setiap hari mulai dari olahraga yang teratur dan juga menjaga pola makan agar tubuh tetap mendapatkan gizi dan energi dari asupan makanan yang kita makan.
SUDAH bukan rahasia bahwa kalsium sangat baik untuk tulang. Kandungan itu memperkuat tulang. Namun, tidak banyak yang menyadari kalsium punya manfaat lain, yaitu kesehatan jantung.
“Kalsium sangat penting untuk kelangsungan fungsi normal dari jantung,” ujar ahli kardiologi dari Ohio State University, William Abraham, seperti dikutip dari Everyday Health dan CNN.
“Kalsium mempengaruhi kerja secara elektris dari jantung dan dalam kontraksi serta relaksasi otot jantung,” kata Abraham melanjutkan.
Abraham menjelaskan, kandungan kalsium dalam tubuh akan mempengaruhi aktivitas sel otot jantung. Secara otomatis, itu juga memberikan efek pada kinerja jantung dalam memompa darah.
Kandungan kalsium yang dibutuhkan berbeda-beda. Bagi dewasa berusia 19 hingga 50 tahun dan pria segala umur, Institute of Medicine (IOM) menyarankan untuk mengonsumsi kalsium 70 – 1000 miligram per hari.
Sedangkan untuk wanita 51 hingga 70 tahun dan semua lansia di atas 71 tahun, disarankan mengonsumsi 1200 miligram kalsium per hari.
Kandungan kalsium tertinggi berada pada ikan dan olahan susu, terutama yang rendah lemak. Selain tinggi kalsium, makanan jenis tersebut juga mudah ditemukan dan disantap.
Bagi para vegetarian, makanan dengan kandungan kalsium tinggi dapat ditemukan pada olahan kedelai seperti susu kedelai, tahu tofu, dan yang lainnya. Selain dari kedelai, kacang-kacangan seperti almond juga mengandung kalsium yang cukup dibutuhkan oleh tubuh.
Guna memudahkan melihat bahan-bahan makanan yang mengandung kalsium, berikut daftar makanan beserta kandungan kalsiumnya:
1. Tofu (mentah, olahan), 1 cup – 861 mg
2. Keju Cheddar (diparut), 1 cup – 763 mg
3. Keju Feta (hancur), 1 cup – 740 mg
4. Kacang Almonds (panggang kering), 1 cup – 370 mg
5. Ikan Sardin , kaleng 225 gram – 351 mg
6. Susu skim, 1 cup – 316 mg
7. Ubi jalar (rebus), 1 cup – 89 mg
8. Telur (matang) – 28 mg

Demikian tadi adalah beberapa cara yang harus kita perhatikan dalam menjaga kesehatan jantung yang ada di dalam tubuh manusia. Jika ingin mempunyai jantung yang sehat kita harus melakukan beberapa cara yang di antaranya menjaga pola makan dan olahraga yang cukup serta merawat kalsium yang bisa mempengaruhi kesehatan jantung. Menjaga kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia apalagi tanpa kesehatan manusia tidak akan bisa hidup normal dan senang. Untuk itu jagalah kesehatan Anda.
Sumber : Hidayatullah.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kesehatan Jantung Di Pengaruhi oleh Tulang dan Kalsium"

Post a Comment