Semua Bahan Kimia Pembuat Gas Sarin Milik Suriah Telah Dihancurkan

 SEMUA bahan dasar kimia milik Suriah yang dapat digunakan untuk membuat gas sarin mematikan telah dihancurkan di atas kapal Angkatan Laut AS di Laut Mediterania, lapor pengawas kimia dunia Rabu kemarin (13/8/2014).

“Sebanyak 581 metrik ton bahan kimia prekursor untuk gas sarin telah dihapus dari Suriah dan kemudian diangkut ke kapal AS Cape Ray, telah dihancurkan dengan teknologi netralisasi yang ada di atas kapal,” kata Organisasi untuk Pelarangan Senjata Kimia, membenarkan laporan Pentagon hari Selasa sebelumnya.

Prekursor kimia, yang disebut methylphosphonyl difluoride, atau DF, dinetralkan dengan dua sistem lapangan hidrolisis yang diinstal pada kapal Cape Ray, kata pengawas yang bermarkas di Den Haag tersebut.

“Cape Ray sekarang telah mulai melakukan operasi untuk menetralkan 19.8 metrik ton sulfur mustard, yang merupakan satu-satunya bahan kimia Suriah masih berada di kapal,” kata OPCW.

Kapal Cape Ray sendiri berlayar di perairan internasional Laut Mediterania selama melakukan penghancuran bahan kimia Suriah.

Air buangan dari proses hidrolisis akan diambil dari kapal dan dihancurkan di fasilitas darat yang ada di Jerman dan Finlandia.

Pekan lalu OPCW mengatakan hampir tiga perempat dari seluruh arsenal kimia Suriah telah dihancurkan (islampos)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Semua Bahan Kimia Pembuat Gas Sarin Milik Suriah Telah Dihancurkan"

Post a Comment