Evaluasi Kegagalan Peluang Usaha


Dalam memeluai usaha baru hal yang harus dilakukan oleh para pengusaha adalah melakukan analisa kelayakan usaha tersebut. Tingginya biaya kegagalan menjadikan perlunya penelitian atau riset yang harus dilakukan secara komprehensif dan sistematis. Salah satu penyebab terjadinya kegagalan usaha baru adalah sebagai berikut :
1.      Pengetahuan pasar yang tidak mamadai
2.      Kinerja produk yang salah
3.      Usaha pemasaran dan penjualan yang tidak efektif
4.      Tidak menyadari adanya tekanan persaingan usaha
5.      Waktu memulai usaha yang tidak tepat
6.      Kapitalisasi yang tidak memadai, pengeluaran biaya operasional yang tidak diprediksi
7.      Dan masih faktor lainnya
Analisa kelayakan usaha yang baik adalah analisa yang bersifat komprehensif dan sistematis yang mampu mengidentifikasi masalah – masalah tersebut.
Para pengusaha baru yang akan memulai usahanya diharuskan untuk mempunyai informasi dan pengetahuan tentang pasar yang akan dituju. Untuk hal ini pengusaha bisa melakukan sebuah riset pasar yang bertujuan untuk mengumpulkan, mencatat dan menganalisa secara sistematis atas informasi yang berkaitan dengan pemasaran produk yang akan ditawarkan oleh calon pengusaha.
Di bawah kondisi yang ideal, peluang bisnis adalah hal yang baik, cara dengan investasi yang rendah untuk memulai usaha dengan resiko yang rendah dan peluang yang bagus untuk sukses. Tapi tidak ada satupun di dunia ini yang sempurna, berikut beberapa masalah yang bisa saja muncul:
1.      Pemilihan lokasi yang buruk. Mayoritas peluang usaha adalah operasional ritel yang berorientasi pada konsumen yang mengandalkan pemilihan lokasi yang baik, visibilitas, dan kemudahan akses. Kebanyakan pembeli peluang usaha biasanya menerima lokasi yang mereka pilihkan. JANGAN! Lihatlah dengan diri Anda sendiri. Anda bisa menyewa konsultan marketing eksternal untuk mengevaluasi dan kemungkinan bertukar pendapat dengan pilihan perusahaan induk. Dengan memiliki lokasi yang lebih baik bisa berarti menghasilkan jutaan keuntungan dalam jangka waktu 20 tahun.
2.      Kurangnya dukungan. Biasanya tidak ada persyaratan bagi penjual- pemilik usaha untuk menawarkan dukungan yang berkelanjutan untuk bisnis yang serupa. Jika penjual tidak memberikan informasi atau pandauan yang bisa membantu Anda dalam melakukan operasional, Anda tidak memiliki sumber yang memadai.
3.      Eksekutifitas. Apakah Anda terikat dengan hanya menjual produk produsen? Jika masalahnya demikian dan Anda dengan alasan tertentu menyimpang, Anda memiliki resiko dimana pemilik ijin akan membantalkan perjanjian. Jika Anda membeli dari sumbernya, maka akan sulit untuk menyembunyikannya- kebanyakan perusahaan induk akan meminta Anda untuk membuka buku Anda untuk mengujinya diawal. Banyak ketidakteraturan yang akan ditemukan pada saat itu. Banyak pembeli peluang bisnis yang cerdas akan menegosiasikan poin persetujuan yang menetapkan sumber suplai dalam hal mutu produk yang konsisten.
4.      Kebangkrutan perusahaan induk. Sumber kejatuhan lainnya adalah kemungkinan dimana perusahaan induk terlalu luas sehingga terjadi kebangkrutan. Karena peluang bisnis ini tidak seserius jika dijadikan franchise, Anda akan mengalami resiko kehilangan bisnis karena kontrak kepemilikan Anda mungkin didanai melalui perusahaan induk.
Anda harus meneliti dengan cermat setiap peluang usaha yang Anda pertimbangkan. Buatlah daftar operator dari perusahaan induk dan telepon mereka. Mintalah pengacara Anda memastikan draft persetujuan yang dibuat oleh perusahaan induk. Pastikan Anda menerima laporan penjabaran. Kemudian evaluasi dengan cermat pemberi ijinnya. Jangan biarkan orang lain memburu Anda. Pastikan perusahaan yang bertanggung jawab itu memberikan dukungan pada peluang bisnis.
Demikian tadi penjelasan yang berakitan tentang evaluasi yang harus dilakukan oleh calon pengusaha yang akan terjun dalam dunia bisnis agar tidak terjadi kegagalan di kemudian hari. Semoga dengan penjelasan ini dapat memberikan manfaat kepada para pembaca.

Sumber : pengusahamuslim.com 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Evaluasi Kegagalan Peluang Usaha"

Post a Comment