Ini Dia Cara Pencuri Pecahkan Kaca Mobil Pakai Busi


Pencurian mobil dengan modus pecah kaca merupakan modus kejahatan cara lama, dalam waktu singkat pencuri bisa menggasak mobil dengan hanya bermodalkan busi saja. Sebenarnya bagaimana caranya?

National Geographic merilis video yang memperlihatkan bagaimana caranya memecahkan kaca mobil untuk keadaan darurat. Namun bisa saja taktik seperti ini yang juga dilakukan pencuri mobil di Indonesia. Dan memang modus ini sering kali terdengar.

Ternyata untuk memecahkan kaca dengan busi tidak seribet yang dibayangkan, cukup memanfaatkan busi bekas.

Caranya pecahkan busi, kemudian ambil pecahan porselennya yang berukuran sekitar seujung jari. Kemudian lemparkan saja langsung ke kaca mobil. Hasilnya brakk…kaca mobil pecah seketika.

Anda tidak bakal percaya kenapa proselen berukuran kecil itu bisa menghancurkan kaca. Nah, apa penyebabnya?

Ternyata hal itu terjadi karena kaca sampling mobil terbuat dari kava tempered, yang tahan benturan dari bend tumpul yang lebih besar.

Namun ujung porselen busi yang sang at kecil, memiliki kekerasan yang lebih besar disbanding kava mobil. Sehingga kaca bisa pecah. Seperti kita ketahui kaca mobil dibuat sedemikian rupa sehingga jika ada satu poin yang retak, maka kaca akan pecah seluruhnya.

Porselen busi itu memiliki tingkat kekerasan yang disebut skala mohs yang mencapai skala 9. Sedangkan kaca mobil yang terbuat dari batu kwarsa punya tingkat kekerasan 6,5 skala mohs atau masih di atas besi atau platinum yang cuma skala mohs 4,5. Artinya kaca lebih rentan pecah kalau dilempar porselen busi.

(ikh/ddn)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Dia Cara Pencuri Pecahkan Kaca Mobil Pakai Busi"

Post a Comment