Sailfish, Ikan dengan Kecepatan Berenang 113 Km per Jam!


Cheetah terkenal sebagai hewan yang hidup di darat dengan kemampuan berlari paling cepat di dunia. Di dalam laut sana juga ada ikan yang memiliki kecepatan setara dengan cheetah, yaitu ikan sailfish atau ikan layar. Bahkan karena kecepatannya, ikan sailfish terkenal sebagai ikan yang paling sulit untuk ditangkap!

Dengan badan yang kaku, lurus dan meruncing, serta sirip ekor yang menyerupai gunting, ikan sailfish memang diciptakan untuk bergerak cepat. Pergerakan cepatnya ini disesuaikan dengan kemampuan menggerakkan ekor yang sangat cepat. Ikan sailfish menggerakkan ekornya ke depan dan belakang hingga ratusan kali dengan memanfaatkan ototnya yang kuat.

Kecepatan ikan sailfish ini juga didukung oleh kemampuan menggerakkan siripnya dalam waktu yang cepat, terutama sirip punggungnya yang lebar. Sirip ini membantu mengurangi efek tarikan dan mengurangi resistansi terhadap pergerakannya. Selain itu, tulang punggungnya pun sangat fleksibel untuk menambah daya dorong tubuhnya saat berenang.

Lalu seberapa cepat ikan sailfish berenang? Ikan sailfish mampu berenang dalam waktu yang lama dengan kecepatan melebihi 40 mil per jam dan dengan kecepatan maksimum 70 mil per jam (atau setara dengan 113 kilometer per jam!). Mau mencoba memancing ikan sailfish? Siap-siap beradu tenaga dengan kecepatan berenangnya ya!(sains.me)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Sailfish, Ikan dengan Kecepatan Berenang 113 Km per Jam!"

  1. hey nice post mehn. I like your style of writing. The way you writes reminds me of an equally interesting post that I read some time ago on Daniel Uyi's blog titled How To Make The World A Better Place And Live A Good Life .
    keep up the good work.

    Regards

    ReplyDelete