Gemar Berdebat, Penyebab Umat Sebelum Kita Binasa

Rasulullah saw bersabda:Sesungguhnya UMAT Sebelum kamu BINASA karena BANYAK PERTANYAAN dan PERSELISIHAN mereka dengan NABI Nabi mereka. Apa yg aku LARANG, maka JAUHILAH, dan apa yg aku PERINTAHKAN, maka LAKUKANLAH menurut KEMAMPUANMU.Islam mudah namun JANGAN DIPERMUDAH, berpeganglah pada AL QUR’AN dan HADIST, JAUHI PERDEBATAN dengan pertanyaan2 yg MENYESATKAN.
Diriwayatkan dari Abu Umamah r.a., ia berkata: “Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Tidaklah sesat suatu kaum setelah mendapat petunjuk kecuali karena mereka gemar berdebat.

Kemudian Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Sallam membacakan ayat: “Mereka tidak memberikan perumpamaan itu kepadamu melainkan dengan maksud membantah saja, sebenarnya mereka adalah kaum yang suka bertengkar”. (Az-Zukhruf: 58).” (Hasan, HR Tirmidzi [3253], Ibnu Majah [48], Ahmad [V/252-256], dan Hakim [II/447-448]).

Diriwayatkan dari ‘Aisyah r.a., ia berkata, “Rasulullah saw. bersabda, ‘Orang yang paling dibenci Allah adalah orang yang paling keras penantangnya lagi lihai bersilat lidah’.” (HR Bukhari [2457] dan Muslim [2668]).

Red: Randy

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gemar Berdebat, Penyebab Umat Sebelum Kita Binasa"

Post a Comment