Sumpah Pemuda atau Pemuda Kena Sumpah

Sumpah pemuda itu para pemuda yang menyatukan tekad untuk memajukan bangsanya. Mempunyai cita-cita tinggi untuk kebaikan bersama. Tidak rela dengan segala bentuk ketertinggalan dan keterbelakangan. Mendobrak segala penindasan dan kezaliman. Memenuhi dunia dengan prestasi dan kerja nyata. Pada dirinya terletak segala harapan-harapan indah untuk masa depan. Semangat mengaliri seluruh aliran darah dan desah nafasnya. Tidak ada kata mustahil dalam kamus hidupnya.

Tubuhnya sehat dan kuat karena diberi asupan makanan yang halal dan sehat. Olah raga untuk menjaga kesehatan, penyemangat kerja, bukan sekedar melampiaskan kepuasan dan menghabiskan waktu.

Hatinya dipenuhi iman yang teraplikasi pada ibadah yang benar. Moral dan akhlaknya memukau siapa pun yang bergaul dengannya. Akalnya dipenuhi ilmu dan wawasan yang luas. Hidupnya teratur dibekali dengan jadwal kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Hidupnya mandiri tidak merepotkan orang lain. Bahkan mampu menyebarkan kebaikan dan manfaat bagi siapa yang membutuhkan. Tiada kesempatan terbuang percuma tanpa diisi dengan kegiatan positif.

Adapun pemuda kena sumpah adalah para pemuda yang tenggelam dalam syahwat dan glamornya dunia. Tidak ada yang bisa diharapkan dari dirinya. Loyo dalam segala hal. Angan-angannya tinggi tapi usaha tidak ada. Khayalannya membumbung ke angkasa, tapi belajarnya malas setengah mati. Niat mempersunting bidadari, tapi pacaran sama perempuan jalanan.

Tak peduli dengan apa yang dimakan, yang penting sesuai selera. Haram halal tak masalah, emang gue pikirin? Menunjang kesehatan atau malah merusak, bukan urusan.

Keyakinan sesuai tren. Ibadah kapan butuh atau bila mood. Tidak ada waktu untuk mengerjakan hal-hal serius, selalu lapang kalau untuk hiburan dan riang-riang. Belajar tak penting, wawasan apa adanya. Kalau ditanya lebih banyak bengong dari pada menjawab.

Jangan kan bantu orang lain, mereka terganggupun tak peduli. Kebutuhan banyak, dananya tinggal minta sama babe.

Semboyannya belajar santai, masa depan cerah, istri cantik, mertua kaya, hidup mewah, mati masuk surga.

Ya Allah beri kami pemuda yang bersumpah untuk melakukan segala kebaikan. Jauhkan dari bangsa kami pemuda yang kena sumpah.

Oleh: Zulfi Akmal
Al-Azhar Cairo

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sumpah Pemuda atau Pemuda Kena Sumpah"

Post a Comment