Kalimat Syahadat Terukir di Cincin Obama

PAKAR Islamologi asal Amerika Serikat, Mark A Gabriel, sudah melakukan penelitian terhadap foto-foto cincin milik presiden Amerika, Barack Obama, yang belakangan beredar di internet.

Menurut analisanya, ukiran dari cincin yang selalu dikenakan Obama di jari manis tangan kirinya itu benar bermotif kaligrafi lafadz syahadat.

“Saya menyimpulkan bahwa ukiran yang terdapat dalam cincin itu adalah kalimat pertama syahadat,” kata Gabriel.

Gabriel menjelaskan bahwa kaligrafi kalimat ‘La Ilaha Illallah’ pada cincin Obama tersebut terbagi dalam dua bagian. Di bagian atas, tertulis huruf Arab Lam, Alif, Alif, Lam, dan Ha yang dibaca dari kanan ke kiri. Susunan huruf tersebut membentuk frasa ‘Laa Ilaaha’ yang artinya ‘Tidak Ada Tuhan’.

Lalu di bagian bawah terukir huruf Alif, Lam, Alif, Alif, Lam, Lam dan Ha. Susunan huruf-huruf tersebut membentuk frasa ‘Illa Allah’ yang bermakna ‘Selain Allah’. Lafadz ‘Allah’ ditulis secara parsial di atas kata ‘kecuali’.

Jika kedua bagian tersebut dibaca secara sambung maka akan terbentuk kalimat ‘La Ilaha Illallah’ yang bermakna ‘Tiada Tuhan Selain Allah’.

“Adalah suatu hal yang lumrah dalam seni Islam dan kaligrafi Arab untuk menuliskan pesan-pesan Alquran dalam perhiasan. Huruf-huruf tersebut juga biasa dibuat tumpang tindih agar pas dengan ruang yang ada,” ujar Gabriel.

Selain itu, menurut para ahli bahasa Arab dan Islam, Obama telah mengenakan cincin tersebut selama lebih dari 30 tahun. (islampos)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kalimat Syahadat Terukir di Cincin Obama"

  1. hati2 ya Mister President... take off your ring before you enter toilet :)

    ReplyDelete