Luar Biasanya Manfaat Dari Telur Dan Sayuran Untuk Meningkatkan Penyerapan Karotenoid



Dalam ilmu sain karotenoid adalah sebuah pigmen yang secara alami terdapat pada khromoplast dari tanaman dan beberapa organism fotosintesis misalnya beberapa tipe dari jamur dan bakteri. Dalam dunia kesehatan kebutuhan akan antioksidan karotenoid semakin meningkat. Sehingga banyak para ahli yang melakukan eksperimen yang bertujuan untuk mencari sumber – sumber yang mampu memproduksi karotenoid dalam jumlah banyak. Salah satu sumber karotenoid adalah dari mikroalga spirulina plantesis. Para ilmuan juga banyak yang melakukan penelitian untuk mengetahui kandungan yang ada pada spirulina plantesis.
Sebagai satu senyawa karotenoid merupakan kelompok pigmen dan antioksidan alami yang dapat meredam radikal bebas, yang menyebabkan warna kuning orange dan merah pada tanaman(Gross, 1991; Roddrigues-Amaya, 2003;). Beberapa manfaat dari senyawa yang tergolong karotenoid, adalah sebagai precursor vitamin A, antioksidan, peningkatan daya tahan tubuh, dan penguba Ada banyak bahan pangan yang dapat menjadi sumber antioksidan alami, seperti rempah-rempah, dedaunan, teh, kakao, bijibijian, serealia, buah-buahan, sayur-sayuran dan tumbuhan alga laut dan air tawar han metabolisme kanker.
MENGONSUMSI telur bersamaan dengan sayuran mentah menambah penyerapan karotenoid.
“Warga Amerika kurang mengonsumsi sayuran. Dengan ini, kami berupaya meningkatkan nilai nutrisi sayuran, sekaligus mengambil keuntungan dari kuning telur,” kata ahli ilmu gizi dari Purdue University Wayne Campbell, dikutip dari lamansciencedaily.
Campbell dan rekannya mengadakan studi untuk melihat efek konsumsi telur terhadap penyerapan karotenoid dari salad sayuran mentah.
Dalam studi itu 16 pemuda yang sehat diminta memakan tiga versi salad: tanpa telur, dengan setengah telur orak-arik, dan tiga telur orak-arik.
Mereka yang makan jumlah telur terbanyak dengan salad berisi tomat, wortel parut, bayam, selada, dan goji berry menyerap karotenoid lebih banyak 3-9 kali.
Karotenoid yang terkandung di salad itu antara laim beta-karoten, alpha-karoten, likopen, lutein, dan zeaxanthin. Dua terakhir juga ditemukan di kuning telur.
“Lain kali, bila makan salad, tambahkan telur matang ke sayuran mentah,” kata Campbell.
“Tidak hanya lutein dan zeaxanthin yang ada di telur, tapi nilai sayuran juga bertambah,” tambah dia.
Penelitian ini bermula dari studi mereka sebelumnya yang menunjukkan bahwa menambah minyak tertentu ke salad sayuran mentah akan menambah penyerapan karotenoid.
Menurut Campbell, manfaat ini dapat dirasakan oleh semua orang dari segala usia.
Ia dan timnya berencana mengembangkan penelitian untuk melihat efeknya terhadap nutrisi yang larut lemak, termasuk vitamin D dan E.*
Jadi dengan mengkonsumsi telur dan sayur – sayuran dapat menangkal radikal bebas. Dalam tekanan oksidatif (oxidative stress), dimana tingkat oksigen reaktif intermediat (reactive oxygen intermediate:ROI) yang toksik melebihi pertahanan anti-oksidan endogen, keadaan ini mengakibatkan kelebihan radikal bebas, yang akan bereaksi dengan lemak, protein, asam nukleat seluler, sehingga terjadi kerusakan lokal dan di fungsi organ tertentu.
Demikianlah penjelasan tentang manfaat mengkonsumsi telur dan sayur – sayuran yang bisa membantu meningkatkan karotenoid. Semoga dengan penjelasan di atas dapat memberikan manfaat kepada pembaca untuk selalu membiasakan hidup desat dengan mengkonsumsi makanan yang sangat kaya akan gizi seperti teur dan sayuran seperti pada penjelasan di atas.
Sumber : Hidayatullah


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Luar Biasanya Manfaat Dari Telur Dan Sayuran Untuk Meningkatkan Penyerapan Karotenoid"

Post a Comment