7 Tips Perbaiki Hubungan Dengan Al-Qur’an


Siapkan hati

Kunci untuk benar-benar mendapat manfaat dari Al-Qur’an adalah dengan mengecek hati Anda terlebih dahulu sebelum menyentuh Kitabullah tersebut. Tanyakan dengan jujur pada diri sendiri, kenapa kita membaca Al-Qur’an. Apakah sekadar menghabiskan waktu dan mengikuti kebiasaan? Ingatlah Rasulullah Muhammad SAW digambarkan oleh istrinya sebagai “Al-Qur’an yang berjalan“. Dengan kata lain, beliau SAW tak hanya membaca dan menghafal Al-Qur’an. Tetapi hidup bersamanya dan menghidupkan Al-Qur’an dalam keseharianny.
Berwudhu

Selain untuk kesucian, berwudhu juga merupakan persiapan yang baik bagi fisik dan mental. Berwudhu mengingatkan kita bahwa yang akan kita baca bukanlah buku biasa. Kita akan berinteraksi dengan Allah melalui ayat-ayat-Nya. Menjadi bersih dan suci adalah utama sebelum berkomunikasi dengan-Nya.

Hanya 5 menit

Seringkali, kita berpikir bahwa membaca Al-Qur’an membutuhkan waktu yang lama. Bagi kita yang belum terbiasa membaca Al-Qur’an secara rutin mungkin menganggap demikian. Mulailah cukup dengan 5 menit sehari, tidak lebih. Bila kita melakukan langkah 5 menit ini setiap hari, insyaAllah waktu 5 menit ini akan bertambah. Akan Anda tambah sendiri secara sukarela.

Mengertilah

Waktu 5 menit untuk membaca Al-Qur’an adalah baik. Tetapi kita juga butuh memahami apa yang kita baca, bukan ?
Sempatkan selalu membaca terjemahan dari ayat-ayat yang tengah kita baca.

Saat ini sudah banyak Al-Qur’an dilengkapi terjemahannya beredar di pasaran, dengan harga yang terjangkau. Bentuknya ringan dan dapat dibawa sambil bepergian.

Media paling interktif

Dengan maraknya penggunaan komputer dan perangkat komunikasi mobile, banyak orang beranggapan bahwa buku adalah media yang pasif dan membosankan. Tetapi tidak demikian halnya dengan Al-Qur’an.

Ingatlah, ketika membaca Al-Qur’an, kita tengah berinteraksi dengan Sang Pencipta. Allah berbicara padamu. Dengarkanlah. Perhatikanlah.

Dengarkan juga

Saat ini banyak tersedia media pemutar suara. Bacaan ayat-ayat Al-Quran oleh para imam dalam bentuk file audio juga mudah diperoleh. Gunakan walkman, CD, mp3 player, handphone atau lainnya untuk mendengarkan dan menyimak Al-Qur’an. Lakukan ini tidak sebagai pengganti dari membaca Al-Qur’an.

Berdo’a

Memohonlah pada Allah ketika kita membaca Al-Qur’an. Berdo’alah untuk selalu dalam bimbingan, bantuan dan perlindungan-Nya. Memintalah untuk dimudahkan membaca, menghafal, memahami, mengamalkan,mengajarkan dan memperjuangkan Al-Qur’an. Berdoalah.

fb

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Tips Perbaiki Hubungan Dengan Al-Qur’an"

Post a Comment