11 Negara yang Jatuh Miskin Karena Perang

Meski ekonomi dunia masih tumbuh, tapi tak semua negara bisa mengalami hal yang sama. Beberapa negara ada yang berada di garis kemiskinan dan dirudung berbagai masalah.

Masalah-masalah itu antara lain tingkat kejahatan tinggi, kelaparan, aneka penyakit berbahaya, dan perang. Nah, negara-negara ini jatuh miskin gara-gara pernah atau masih dalam peperangan.
Sepuluh negara di bawah ini bukannya tidak pernah meminta bantuan negara lain untuk masalah peperangannya, tapi memang konflik di negaranya tidak mudah diselesaikan. Perlu kerjasama yang baik antara pemerintah dan rakyatnya untuk mengakhiri perang.

Beberapa negara yang sudah berhasil mengakhiri perang justru mendapat berbagai masalah lain untuk bisa menumbuhkan ekonominya.

Berikut ini daftar negaranya:

1. Laos
Laos merupakan salah satu negara berkembang yang 30% rakyatnya masih berada di bawah garis kemiskinan. Pembangunan infrastruktur di negara yang masih dikenal sebagai komunis ini sangat minim, sehingga jalur komunikasi dan logistiknya sangat terbatas.

Meski kaya sumber daya alam seperti minyak, gas, dan mineral tapi Laos masih termasuk negara miskin gara-gara masih banyak rakyatnya yang kelaparan.

2. Sierra Leone
Sierra Leone sudah mengalami perang sipil yang berkepanjangan. Perang tersebut membuat ekonomi, rakyat, dan negaranya berantakan.

Meski sudah berada di bawah pengawasan Persatuan Bangsa-bangsa (PBB), negara ini masih berada di peringkat paling bawah untuk hidup layak. Perdagangan berlian ilegal dan batu mulia lainnya sangat menghambat pertumbuhan ekonomi negara ini.

3. Mozambique
Mozambique salah satu negara yang mengalami aneka penyakit dan tingkat kesehatan yang minim. Gara-gara kekurangan air bersih, Mozambique menderita banyak penyakit seperti schistosomiasis, protozoal diare, dan hepatitis.

Selain itu malaria dan AIDS juga merajalela membuat tingkat kematian di negara ini makin tinggi. Sebanyak 70% penduduk Mozambique berada di bawah garis kemiskinan.

4. Republik Afrika Tengah
Negara yang diapit Kongo dan Sudan ini menderita kerugian gara-gara perang yang terjadi di kedua negara tersebut. Perang telah menimbulkan banyak penyakit dan kelaparan di negara ini sehingga membuatnya tidak layak tinggal.

5. Myanmar
Myanmar alias Birma termasuk salah satu dari 30 negara paling miskin di dunia. Militer di negara ini terkenal kasar dan suka menyiksa. PPB sudah menyoroti aksi militer Birma ini dan akan melakukan tindakan dengan mengembalikan hak asasi manusia dan hukum di Birma.

6. Chad
Tingkat kelaparan di Chad makin meninggi gara-gara konflik antar etnis dan ketidakstabilan situasi politik. Sebanyak 80% warga negara Chad berada di bawah garis kemiskinan.

Negara yang berada di tengah-tengah benua Afrika ini kesulitan dapat air bersih ditambah dengan sanitasi yang buruk.

7. Republik Demokrasi Kongo
Gara-gara konflik perebutan sumber daya alam dan kekuasaan politik berkepanjang, Kongo menderita perang dan kelaparan selama bertahun-tahun. Secara statistik, Kongo adalah negara paling miskin nomor dua di dunia.

Perang yang terjadi di Kongo merupakan yang terparah sejak Perang Dunia II. Sebanyak 45.000 orang meninggal di negara ini gara-gara terbunuh dalam perang, kelaparan, dan sakit keras.

8. Sudan
Meski pemerintahnya membantah, Sudah sudah mengalami pembantaian massal berkali-kali. Konflik beda agama di antara warganya membuat banyak orang terbunuh setiap harinya.

9. Zimbabwe
Zimbabwe memegang predikat sebagai negara paling miskin di dunia. Nilai tukar untuk US$ 1 berada di kisaran ZW$ 47 juta. Negara ini makin jatuh dalam keterpurukan di bawah pimpinan diktator Robert Mugabe. Inflasi yang sangat tinggi membuat pengangguran, kelaparan dan korupsi merajalela di negara miskin ini.

10/11. Korea Utara dan Somalia
Korea Utara (Korut) dan Somalia berada di urutan pertama secara bersamaan sebagai negara paling termiskin gara-gara perang. Korut sudah dipimpin oleh diktator sejak lama sehingga lebih dari satu juta warganya mati tiap tahun gara-gara kelaparan.

Kelaparan bukan terjadi gara-gara kekurangan uang, tapi karena uangnya habis digunakan untuk menyenangkan si diktator, seperti salah satunya adalah membangun senjata nuklir.

Warganya juga diawasi secara ketat sehingga sulit untuk melarikan diri. Meski sudah dapat banyak kecamanan dari berbagai negara, pemerintah Korut tetap diam dan

Sementara Somalia miskin gara-gara tidak ada pemerintahan dan hukum yang berjalan. Negara ini dikuasai oleh bajak laut, tentara bayaran, dan kriminal. Kapal laut asing yang melintas sering jadi sasaran para penjahat ini.

Ekonomi Somalia bisa dibilang tumbuh melalui jual beli senjata dan obat-obatan terlarang. Negara tetangga berusaha membantu dengan membentuk pemerintahan namun berkali-kali gagal. Warga Somalia mengalami kelaparan dan penyakit tanpa akhir.

yy/finance.detik.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Negara yang Jatuh Miskin Karena Perang"

Post a Comment