Rasulullah dan Buah Jeruk

Suatu hari Rasulullah SAW didatangi oleh seorang wanita kafir. Ketika itu baginda bersama para sahabatnya. Wanita itu membawa beberapa buah jeruk sebagai hadiah untuk baginda. Menggoda sekali buahnya. Siapa yang melihat pasti tergiur. Baginda menerimanya dengan senyuman gembira. Hadiah itu dimakan oleh Rasulullah SAW seulas demi seulas dengan tersenyum.

Biasanya Rasulullah SAW akan makan bersama para sahabat, namun kali ini tidak. Tidak seulaspun jeruk itu diberikan kepada mereka. Rasulullah SAW terus makan seorang diri. Setiap kali makan selalu di iringi dengan senyuman, hinggalah habis semua jeruk itu. Kemudian wanita itu meminta diri untuk pulang, diiringi ucapan terima kasih dari baginda.

Sahabat-sahabat agak heran dengan sikap Rasulullah SAW itu. Lalu mereka bertanya. Dengan tersenyum Rasulullah SAW menjelaskan “Tahukah kamu, sebenarnya buah jeruk itu terlalu asam sewaktu saya mencicipinya pertama kali. Sekiranya kalian turut makan bersama, saya bimbang ada di antara kalian yang akan mengkrenyitkan mata atau memarahi wanita tersebut. Saya bimbang hatinya akan tersinggung. Sebab itu saya habiskan semuanya”

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "Rasulullah dan Buah Jeruk"

  1. sedikit saran, klo upload tulisan hendaknya disertai foto ilustrasi dr tema tulisan qt biar keliatan lebih menarik. maaf klo ana lancang. ana izin kopas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. MAAF BEBERAPA HARI IN BLOG ANE AGAK BERAT DAN AGAK SUSAH MENGUPLOAD FOTO, MUNGKIN BEBERAPA KEDEPAN BARU BISA PAKE FOTO

      Delete
  2. memangnya ilustrasi foto yg bagaimana kl mengenai rasulullah saw?

    ReplyDelete
  3. oh, tak pikir cuma blogku doang yang rada berat, ternyata ada temenya juga, xixixi :D

    ReplyDelete
  4. Maaf, saya mau tanya: Sumber cerita diatas dari mana?
    ada sanadnya apa tdk? klo dr buku /kitab tolong sebutkan apa namanya?
    terima kasih

    ReplyDelete
  5. Subhanallah, pelajaran yang sangat berharga dari Rosulullah SAW

    ReplyDelete
  6. Subhanallah, pelajaran berharga dari Rosulullah SAW

    ReplyDelete
  7. supaya tidak berat me_load web maka fotonya di konvert dulu pakek software" saya lupa apa namanya cb googling aja" jadi ukurannya jadi lebih kecil...

    ReplyDelete
  8. sebenarnya itu tulisan sapa yang bikin? apa itu cerpen /prossa apa-apa????
    kalo berdasarkan hadist atau apa dalil dan sumbernya itu mana???
    karena saya saja membaca ini bisa berpikir dengan konotasi negatif..

    ReplyDelete