Pada kesempatan kali ini perkenankan saya
untuk memberikan sebuah opinion yang berkaitan dengan riset pasar. Riset pemasaran adalah kegiatan penelitian di
bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah,
perumusan tujuan penelitian, pengumpulan data, pengumpulan data, pengolahan
data dan interpretasi hasil penelitian. Kesemuanya itu ditujukan untuk untuk
masukan bagi pihak manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan
keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil riset pemasaran ini dapat dipakai
untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar. Dalam menjalankan
bisnis online juga sangat diperlukan sebuah riset pasar Sebulum memutuskan
untuk menyusun strategi pemasaran yang akan dilakukan sebaiknya diawali dengan
sebuah riset. Hal yang perlu direset untuk bisnis online adalah riset produk,
risep pasar, riset pesaing.
Risep pemasaran
secara online adalah proses dimana perusahaan menggunkan media internet untuk
mengumpulkan data yang bertujuan untuk mengevaluasi seberapa baik produk yang
akan ditawarkan kepada konsumen. Informasi yang diberikan oleh analisis pasar
online yang dilakukan oleh analisis pasar online yang dilakukan dengan hati –
hati juga dapat mengidentifikasi tren yang tengah populer yang dapat mmebantu
perusahaan dalam menyusun strategi bisnis.
Pernahkah Anda dihadapkan pada sebuah
kondisi ketika Anda diharuskan untuk membuka beberapa situs pencarian atau
jejaring maya sekaligus hanya untuk mengetahui info tentang sebuah produk atau
jasa? Misalnya begini; satu tab untuk google.com, satu lagi untuk amazon.com,
satu lagi untuk ebay.com, satu lagi buat facebook.com, satu lagi buat
twitter.com, dan seterusnya. Kalaulah iya, maka izinkan saya untuk menawarkan
sebuah solusi sederhana untuk mengatasi masalah Anda di atas. Solusi yang saya
maksud di sini adalah sebuah ekstensi yang bisa diinstal di peramban super
cepat milik Google yakni Google Chrome. Namanya Quickrr Research.
Instalasi
Untuk memasang ekstensi kecil
ini, Anda hanya perlu pergi ke halaman ekstensi Quickrr Research di Google Chrome Web Store. Setelah sampai,
Anda bisa langsung mengklik tombol "Add to chrome" untuk mulai
memasang ekstensi ini di peramban Google Chrome kesayangan Anda. Proses
instalasi ini biasanya bisa berlangsung cepat apabila Anda sedang berada di
lingkungan dengan lalu lintas bandwith yang cukup karena ukuran ekstensi ini
pun terbilang sangat kecil; kurang dari 500 kb.
Cara menggunakan
Quickrr Research
Setelah terinstal, ikon
ekstensi Quickrr Research akan tampil di pojok sebelah kanan atas di samping
ikon tombol pengaturan. Sudahkah Anda melihatnya? Itu lho yang berwarna biru
dan terlihat seperti kaca pembesar. Bila Anda sudah melihatnya maka saya
ucapkan selamat karena sekarang Anda sudah bisa beraksi dan mengambil manfaat
besar dari ekstensi kecil ini. Let me show you now.
Untuk menggunakan ekstensi
ini, Anda hanya perlu melakukan tiga hal kecil; (1) klik ikon Quickrr Research,
(2) masukkan kata pencarian yang hendak Anda telusuri, (3) pilih atau centangi
mesin-mesin pencari atau situs yang Anda pilih sebagai sumber informasi, (4)
klik tombol "GO". And that's it. It is that simple. Anda tidak perlu
buku panduan beratus-ratus halaman untuk melakukannya bukan?
Langsung Praktik
Sebagai alat untuk praktik,
saya sarankan Anda untuk mencari informasi tentang ponsel yang sangat
digandrungi di dunia, iPhone. Ketika Anda melakukan pencarian sebuah produk
terkenal seperti iPhone, entah itu dari mesin pencari, seperti Google dan Bing,
atau dari jejaring sosial seperti Facebook dan MySpace, Quickrr Research akan
langsung membuka beberapa tab sekaligus yang menampilkan kumpulan hasil
pencarian berdasarkan engine pencarian yang Anda pilih. Jadi dalam kasus ini,
Quickrr Research akan membuka empat tab di Google Chrome yang berisi empat
situs tersebut lengkap dengan hasil pencarian masing-masing.
Selain bagus untuk mencari
informasi terkait produk atau jasa, Quickrr Research juga cocok digunakan bagi
Anda yang hendak mencari informasi terkait tokoh atau pribadi-pribadi terkenal
lainnya. Dengan bantuan beberapa mesin pencarian dan jejaring sosial
terpopuler, informasi yang Anda kumpulkan terkait pribadi atau tokoh sepertinya
bisa lebih beragam dan bervariasi. Kalau tidak percaya, cobalah mencari tokoh
terkenal seperti "Soekarno", "Hatta", atau bahkan
"Mario Teguh".
Add Engine
Meskipun sudah menyertakan 27
situs sumber, tetapi ekstensi kecil ini masih memberikan ruang bagi penggunanya
untuk menambahkan situs-situs lain sebagai engine. Dengan fitur ini, para
pembaca pengusaha muslim bisa menambahkan beberapa situs lagi yang dianggap
bisa menjadi sumur-sumur informasi dari engine yang sudah disediakan. Hmmm,
situs apa yang bagus untuk masuk ke dalam engine Quickrr Research? Hei,
bagaimana kalauyufid.com.
Mesin pencari yang masih berada di dalam naungan keluarga besar Pengusaha
Muslim. Setuju?
Setuju atau tidak, berikut
akan saya tunjukkan cara menambah engine baru untuk ekstensi ini; (1) klik
tombol ekstensi Quickrr Research, (2) Klik teks "Add engine" yang
berada di bawah ekstensi, (3) Klik teks "I_Love_Quickrr", (4) Pergi
ke yufid.com, (5) Salin clipboard yang sudah Anda copy saat mengklik teks
"I_Love_Quickrr" (6) Tekan tombol enter di keyboard Anda (penulis
merasa bahwa tahapan nomor 6 ini adalah proses yang paling lama, jadi
bersabarlah), (7) di tab baru yang muncul, beri nama engine yang baru saja Anda
buat, (8) That's it!
Oke, itulah review untuk kali
ini. Dengan ekstensi kecil ini, saya berharap para pembaca budiman di manapun
berada bisa menghemat waktu saat meriset data di internet. Khususnya untuk data
yang biasanya sudah banyak tersedia di dalamnya. Sekian dari saya dan selamat
meriset pasar Anda. Wassalam.
Sumber :pengusahamuslim.com
0 Response to "Riset Pemasaran Untuk Bisnis Online"
Post a Comment