Minum Kopi Mencegah Kanker Kulit


Bagi Anda pecinta kopi, mungkin hal ini akan jadi berita gembira. Hal ini tidak lain dikarenakan kopi bukan hanya bisa menjadi minuman pembangkit semangat, menghangatkan tubuh dan menjaga Anda tetap melek di pagi hari saja, secangkir kopi ternyata juga memiliki manfaat mengejutkan. Minum kopi mampu menjaga tubuh dari serangan sel kanker melanoma di kulit. Peneliti menemukan bahwa mereka yang minum kopi memiliki kemungkinan sekitar 20% lebih rendah terserang kanker kulit sel melanoma dari pada mereka yang tidak minum kopi.
Kanker kulit melanoma sendiri merupakan kanker kulit paling berbahaya dan sulit disembuhkan. Pertumbuhan sel kanker kulit melanoma lebih cepat dan lebih ganas, bukan hanya merusak kulit namun juga DNA. Peneliti menemukan efek baik mencegah kanker kulit ini hanya pada kopi berkafein, jadi untuk kopi decafeinated atau yang sudah tidak memiliki kafein, justru tidak memberi efek apa pun. Namun tentu saja, hasil ini tidak kemudian serta merta membuat Anda mengabaikan faktor pemicu kanker kulit melanoma lainnya Ladies. Perlu diingat pula, bukan berarti Anda bisa minum kopi sesuka hati melebihi porsi normal, karena itu justru akan mengganggu kesehatan. Setiap orang harus tetap membatasi paparan ultraviolet dan makan makanan sehat setiap hari. Apalagi untuk yang tidak minum kopi, hidup sehat tanpa kopi justru mampu menjauhkan Anda dari kanker.
MINUM empat cangkir kopi sehari dapat melindungi dari melanoma ganas, satu jenis kanker kulit mematikan, demikian penelitian baru menyebutkan.
Orang yang menjadi obyek penelitian dan minum empat atau lebih cangkir kopi setiap hari, 20 persen lebih kecil kemungkinannya terkena melanoma ganas dibandingkan bukan peminum kopi, kata para peneliti.
“Hasil penelitian kami, dan beberapa dari studi baru lainnya, memberikan jaminan kepada konsumen kopi bahwa minum kopi bukanlah sesuatu yang berisiko,” kata peneliti Erikka Loftfield, seorang mahasiswa doktor di Yale School of Public Health. Ia juga pekerja di National Cancer Institute.
“Namun, hasil kami tidak merekomendasikan bahwa peminum kopi harus mengubah asupan kopinya,” kata Loftfield kepada Live Science.
Loftfield dan timnya menggunakan data dari studi jangka lama yang dilakukan National Institutes of Health bersama American Association of Retired Persons, dengan mengamati 447.357 pensiunan selama lebih dari 10 tahun.
Pada akhirnya, dalam kelompok ini, ada 2.904 kasus melanoma ganas (kanker yang menyebar di luar lapisan atas kulit), dan 1.874 kasus tahap awal melanoma, yang masih hanya pada lapisan atas kulit.
Responden menyebutkan tingkat konsumsi kopi mereka, serta faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi risiko kanker, seperti olahraga, asupan alkohol dan indeks massa tubuh.
Untuk memperkirakan paparan sinar Ultra Violet, para peneliti menggunakan data NASA untuk memperhatikan jumlah sinar matahari di kota masing-masing responden.
Setelah peneliti mengontrol faktor-faktor lain, minum kopi ternyata menjadi semacam anugerah: ada 55,9 kasus melanoma tahunan per 100.000 orang di antara mereka yang minum setidaknya empat cangkir sehari, dibandingkan 77,64 kasus per tahun per 100.000 orang di antara orang-orang yang tidak minum kopi.
Penelitian hanya mengamati konsumsi kopi berkafein, bukan tanpa kafein. Ada kemungkinan kafein itu sendiri bisa menjadi faktor protektif. Tapi juga bisa bersama beberapa senyawa lain yang ada dalam kopi berkafein yang melindungi terhadap melanoma ganas, dibanding tanpa kafein, kata para peneliti.
Demikian tadi adalah penjelasan mengenai minuman kopi yang bisa di gunakan untuk mengurangi penyakit kanker kulit. Untuk menjaga kulit Anda agar tetap bersih dan sehat dari penyakit lenih baik Anda menjalankan prosedur dan kegiatan di atas. Semoga dengan melakukan hal tersebut bisa membantu Anda dari serangkan kenker kulit yang sangat mematikan.
Sumber : Hidayatullah.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Minum Kopi Mencegah Kanker Kulit"

Post a Comment