Patung Yesus pun Meneteskan Air "Suci"

Berbeda dengan patung Bunda Maria yang biasanya meneteskan "air mata", kali ini patung anaknya yang meneteskan air "suci" melalui jari kakinya.

Sontak, ratusan orang berbondong-bondong ke lokasi ketika dari jari kaki patung Yesus di kayu salib meneteskan air "suci" itu. Mereka mengumpulkan bahkan meminumnya dengan harapan itu memiliki kekuatan suci untuk berbagai keperluan, termasuk menyembuhkan berbagai penyakit. Ini terjadi di gereja Our Lady di Velankanni di pinggiran kota bagian barat Mumbai, India, bulan Maret lalu.

Pastur dan organisasi awam Katolik sangat aktif berhubungan dengan gereja Our Lady untuk mempromosikan gagasan bahwa air yang menetes dari kaki patung Yesus adalah tanda dari Tuhan. Gereja mempromosikannya sebagai situs ziarah. 

Keyakinan takhayul memang sangat kuat dalam kekristenan Katolik yang sangat bangga dengan berbagai jenis patung di gereja dan di berbagai goa (tempat retret). Demikian juga dalam kekristenan karismatik yang sangat menyukai bahasa roh, yang berbicara sesukanya yang tak jelas itu, atau melalui program andalan KKR nya.

Apa yang akan terjadi sesungguhnya?   
Semua itu terjadi karena ada sistem drainase yang bermasalah di balik dinding dimana patung "Tuhan" tersebut ditempatkan. Tidak ada intervensi ilahi. Hal itu diekspos oleh Sanal Edamaruku setelah melakukan peninjauan. 

Edamaruku mengatakan bahwa eksploitasi tentang patung yang meneteskan air "suci" berpengaruh negatif bagi kesehatan masyarakat di Mumbai karena beberapa orang percaya dengan minum air berharap itu bisa menyembuhkan penyakit. "Ini adalah air limbah yang merembes melalui dinding karena sistem drainase bermasalah," katanya. "Ini menimbulkan risiko kesehatan bagi orang-orang yang tertipu dan percaya itu adalah sebuah keajaiban." 

Dalam sebuah wawancara dengan Slate, Edamaruku menjelaskan apa yang ia temukan di gereja Our Lady of Velankanni.  

"Aku melihat dari dekat kamar kecil di dekatnya dan sistem drainase terhubung yang melewati bawah dasar beton salib. Saya memindahkan beberapa batu dari cerat dan menemukan itu terblokir. Aku menyentuh dinding, dasar, dan salib dan mengambil beberapa foto untuk dokumentasi. Itu sangat sederhana: Air dari kamar kecil, yang telah terblokir di sistem drainase yang tersumbat, merembes melalui kerja kapiler ke dalam dinding yang berdekatan dan ke pangkal salib serta ke salib kayu itu sendiri. Air keluar melalui lubang paku dan turun ke bawah jari kaki patung itu"

Namun apa yang diekspos Sanal Edamaruku, pendiri dan presiden Rasionalis Internasional dan presiden dari Asosiasi Rasionalis India, berbuah dengan tuduhan penghujatan, juga ancaman pembunuhan. 

Ancaman pembunuhan tersebut memaksa Edamaruku mencari pengasingan di Eropa (Finlandia). Apalagi Pengadilan Tinggi di Mumbai juga menolak "jaminan antisipatif", yang akan memungkinkan dia untuk melawan kasus tanpa takut tahanan pra-peradilan, dan polisi sejak awal telah mencari untuk menangkap dirinya. Dan potensi penangkapan, tetap sama-ia masih menghadapi penangkapan jika ia kembali ke India, dan sebagai hasilnya ia tetap di Eropa. 

Dia telah menolak tawaran dari uskup Katolik senior India untuk meminta maaf atas pemaparan "keajaiban" itu. "Para Uskup Agung Katolik Bombay, Oswald, Kardinal Gracias, mengatakan bahwa jika saya meminta maaf atas 'pelanggaran', maka aku telah menyebabkan ia akan memastikan bahwa tuduhan akan ditarik. Ini menunjukkan bahwa ia memiliki pengaruh dalam situasi ini, tapi ia tidak akan menggunakannya kecuali aku minta maaf, yang saya tidak akan melakukan karena saya tidak melakukan kesalahan apa pun", katanya.

Ketika ditanya mengapa ia mengekspos (mengintervensi) hal itu, ia mengatakan: Mengapa seseorang tidak melakukan intervensi ketika seseorang memberikan tipuan air limbah untuk diminum? Tapi alasan saya lebih luas. Promosi takhayul dan kepercayaan terhadap fenomena paranormal menumpulkan pikiran orang dan menetapkan kesalahpahaman yang berbahaya tentang realitas dalam masyarakat kita. Upaya-upaya tersebut harus diatasi. 

Dan mengapa orang begitu mudah percaya pada keajaiban, ia mengatakan: Bagi banyak orang, keyakinan regresif takhayul dan mukjizat adalah suatu pelarian dari kesulitan hidup. Setelah terjebak dalam irrationalism, mereka menjadi lebih mampu menguasai realitas. Ini adalah lingkaran setan, seperti kecanduan. Mereka menjadi rentan terhadap eksploitasi oleh astrolog, godmen, pseudo-psikolog, politisi korup, dan seluruh mega-industri irrationalism. [b|b|s].

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Patung Yesus pun Meneteskan Air "Suci" "

Post a Comment