12 Alasan bayi Menangis

Punya bayi itu menakjubkan. Bagaimana tidak, ketika ada bayi, kita seperti tengah memutar ulang kehidupa kita lagi dari awal. Bagi bayi, menangis adalah cara berkomunikasi, dengan tangisan mereka coba untuk memberitahu apakah dia lapar, ngompol, ngantuk, sakit dan lainnya. hal tersebut bisa membuat bayi rewel dan menangis terus menerus jika tidak ditangani dengan benar.

Seorang ibu sudah seharusnya mengetahui apa saja penyebab bayi menangis terus menerus, dan berikut ini adalah beberapa diantaranya yang bisa jadi panduan para ibu agar dapat menenangkan si kecil dari tangisnya.

1. Bayi Menangis Karena Lapar
Pertama kali yang biasanya terpikirkan mengapa bayi menangis adalah karena ia lapar. Coba ibu perhatikan bagaimana tanda-tanda ketika bayi lapar, biasanya bayi akan bergerak seperti tidak nyaman, ketika pipinya diusap dengan tangan mulutnya akan terbuka seperti sedang mencari sesuatu untuk dimakan, suka mengecapkan bibirnya, bayi menaruh tangan di mulutnya.

2. Bayi Menangis Karena Ngompol
Biasanya bayi akan langsung menangis ketika buang air kecil atau besar. Popok yang basah membuat bayi tidak nyaman dan akan langsung menangis untuk memberitahu ibu.

3. Mengantuk
Tidak semua bayi dapat dengan mudah tidur terlelap dimana saja, bayi bisa saja rewel dan menangis terus karena terlalu ngantuk atau terlalu lelah dan butuh istirahat yang tenang. Coba bawa simkecil ke tempat tidur yang nyaman, dan tenang untuk meredakan tangisnya

4. Bosan
Bayi bisa juga menengalami bosan, karena selalu berada di tempat yang sama terus menerus, atau selalu ditelentangkan agar tidur. Jika ini menjadi penyebabnya coba gendong bayi dan ajak jalan-jalan di ruangan rumah. Atau bayi kemungkinan hanya ingin dipeluk.

5. Perut Kembung dan Gumoh
Perut kembung bisa menjadi penyebab bayi rewel karena tidak merasa nyaman, sebaiknya setiap habis minum ASI atau susu formula, bayi harus bersendawa agar angin didalam perut keluar.

6. Suhu Udara Terlalu Dingin atau Terlalu Panas
Kedinginan bisa membuat bayi menangis, seperti ketika hedak mengganti popoknya lalu dibersihkand egnan air, bayi bisa protes karena kedinginan dengan menangis.

Bayi yang baru lahir lebih suka dibungkus untuk menjaga kehangatan tubuhnya, namun jika lapisan pembungkus terlalu tebal akan membuat bayi terlalu kepanasan yang menyebabkan bayi akan menjadi rewel.

8. Baju yang Terlalu Kecil dan Gatal
Bayi bisa merasa tak nyaman karena pakaian terlalu sempit, label merek pakaian atau jahitan baju yang terkena kulitnya yang mengakibatkan gatal

10. Terlalu Banyak Stimulasi
Bayi belajar dari stimulasi dunia di sekitarnya, bayi butuh waktu untuk memproses hal tersebut, seperti cahaya, suara, ganti-ganti gendongan, dan lainnya. Tangisan bisa jadi caranya untuk minta dihentikan stumulasi itu.

11. Kurang Stimulasi
Anak yang butuh perhatian mungkin akan memiliki sikap yang ceria dan bersemangat untuk mengenal dunia, dan satu-satunya cara mengehentikan tangisnya adalah terus beraktivitas. Hal ini bisa jadi hal yang melelahkan untuk Anda.

12. Tidak Enak Badan (Sakit)
Jika semua kebutuhan dasar bayi sudah diberikan seperti susu atau makan, mengeluarkan angin dari perutnya selesai minum, popok baru dan baju bersih, dan lainnya yang sekiranya bisa membuat bayi nyaman, tetapi ia tetap menangis, bisa jadi si kecil sedang tidak enak badan dan suhu badannya tinggi.

Umumnya tangisan bayi yang sedang tidak enak badan berbeda dari tangis biasanya. Percayakan insting ibu jika ada perasaan yang aneh pada tangis si bayi. [bayi bintang]

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "12 Alasan bayi Menangis"

  1. ayat-ayat Allah memang terbukti kebenarannya :) , kalian tahu kalo ada aplikasi pencari lafaz Alquran menggunakan huruf latin? meskipun panjang pendek dsb tidak tepat asal pengucapan benar dalam tuliasan bisa ketemu looh :D silahkan coba http://apps.cs.ipb.ac.id/lafzi/web/ terimakasih :)

    ReplyDelete