10 Fakta Sejarah Masa Keemasan Islam Dalam Bidang Politik

1. Pemberian sertifikat tanah (Tahun 925 H/1519 H) kepada para pengungsi Yahudi yang lari dari kekejaman Inkuisisi Spanyol pasca jatuhnya pemerintahan Islam di Andalusia.

2. Surat ucapan terima kasih dari Pemerintah Amerika Serikat atas bantuan pangan yang dikirim khalifah ke Amerika Serikat yang sedang dilanda kelaparan pasca perang dengan Inggris (abad 18).
3. Surat jaminan perlindungan kepada Raja Swedia yang diusir tentara Rusia dan mencari eksil ke Khalifah (30 Jumadil Awwal 1121 H/7 Agustus 1709 H)

4. Pemberian izin dan ongkos kepada 30 keluarga Yunani yang telah berimigrasi ke Rusia namun ingin kembali ke wilayah khalifah, karena di Rusia mereka justru tidak sejahtera (13 Rabiul Akhir 1282/5 September 1865)

5. Khalifah membuat peraturan bebas cukai bagi barang bawaan orang-orang Rusia yang mencari eksil ke Wilayah khalifah Utsmani pasca Revolusi Bolschevik (25 Desember 1920).

6. Pasukan khilafah Turki Utsmani tiba di Aceh (1566-1577) termasuk para ahli senjata api, penembak dan para teknisi. untuk mengamankan wilayah Syamatiirah (Sumatera) dari Portugis. Dengan bantuan ini Aceh menyerang Portugis di Malaka.

7. khilafah mengirim angkatan laut disamudra hindia untuk mengamankan perjalanan haji untuk wilayah sebelah barat Syamatirah (Sumatra)

8. 1519 M/925 H  Portugis digemparkan dengan pengiriman Armada Utsmani untuk membebaskan Muslim malaka

9. Pasukan khilafah membentuk kelompok elit angkatan bersenjata aceh untuk memfutuhat wilayah Batak

10.utusan kekhilafahan yang pernah sampai ke indonesia: Maulana Malik ibrahim (ahli tata pemerintahan negara) dari turkiMaulana Ishaq (Syeikh Awwalul Islam) dari  SamarqandMaulana Ahmad Jumadil Kubra dari mesirMaulana Muhammad al-Maghrabi dari marokoMaulana Malik Israil dari TurkiMaulana hasanuddin dari PalestinaMaulana Aliyuddin dari palestinaSyeikh  Subakir dari PersiaSayyid ali Rahmatullah (Sunan Ampel) anak Syeikh Awwalul Islam dan Putri Raja Campa kambojaSayyid jafar Shadiq (Sunan Kudus) dari palestinaSyarif hidayatullah (Sunan Gunung Jati) dari Palestina, cucu Raja Siliwangi Padjajaran

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Fakta Sejarah Masa Keemasan Islam Dalam Bidang Politik"

Post a Comment