Saat ini intagram adalah media social
yang paling digemari oleh public, selain untuk mempublikasikan foto kepada
teman, instagram juga bisa digunakan untuk sarana bisnis. Menurut data dari
instagram press center, kini dalam satu bulan ada 100 juta pengguna aktif yang
menggunakan instagram. Mereka mengupload 40 foto juta per hari dengan 8500 like
per detiknya.
Jika usaha yang sedang dijalankan
merupakan usaha yang membidik kalangan remaja, sangat cocok menggunakan
instgram sebagai media promosi. Ada kelebihan dan ada kekurangan bisnis dengan
instagram. Adapun kelebihan dari bisnis menggunakan instgram adalah sebagai
berikut :
1. Pasar yang melek teknologi. Salah
satu kelebihan berjualan lewat Instagram adalah pengguna Instagram sudah
‘terjamin’ melek teknologi. Artinya, mereka yang aktif di Instagram pastilah
aktif pula di Twitter dan mungkin juga Facebook. Karena itu, sangat tepat bila
Anda mempromosikan produk Anda melalui Instagram dan dibantu jejaring sosial
lainnya.
2. Pengguna Instagram pastilah memiliki gadget yang
mendukung aplikasi tersebut, yaitu android phones maupun iPhone. Ini berarti
Instagram memiliki pengguna yang rata-rata kelas menengah ke atas. Hal ini
menguntungkan bagi Anda, karena calon konsumen Anda kemungkinan besar mempunyai
‘kantong’ yang cukup dalam.
3. Display produk yang simple. Karena
Instagram memang digunakan sebagai aplikasi berbagi foto, fitur-fitur yang
tersedia di Instagram akan mendukung gambar produk yang Anda upload di
dalamnya.
4. Di Instagram, kebanyakan fotonya
menggunakan hashtag. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan
hashtag agar memudahkan calon pembeli menemukan produk Anda.
Sedangkan untuk kekurangannya adalah
sebagai berikut :
1. Instagram hampir tidak mempunyai
fitur yang mendukung online shop. Bisa jadi ini adalah kekurangan
paling fatal yang akan Anda alami jika berjualan melalui Instagram. Kalau Anda
berjualan di Instagram ya, seadanya.
2. Karena berbasis smartphones,
foto-foto yang ada di Instagram berukuran kecil dan sering kali tidak kelihatan
jelas. Lebih baik memajang display produk Anda melalui Facebook yang bisa
diakses di komputer ketimbang di Instagram yang resolusi fotonya kecil.
3. Sekarang, Instagram mulai
mengembangkan InstaMessage, yaitu fitur chat untuk antar
pengguna Instagram. Namun masih banyak sekali pengguna Instagram yang belum
menggunakan fitur ini, sehingga untuk berkomunikasi antar-pengguna Instagram
harus melalui media komunikasi yang lain seperti LINE, Blackberry Messenger
atau WhatsApp.
4. Terlalu banyak online shop lain
yang menjual barang yang persis sama, sehingga pembeli dengan mudah akan
beralih ke online shop lain. Anda harus pintar-pintar membuat pembeli loyal
kepada Anda.
Instagram adalah aplikasi foto gratis
yang digunakan oleh lebih dari 80 juta pengguna. Instagram memiliki fasilitas
untuk mengedit foto secara instant menggunakan filter-filter menarik yang telah
disediakan. Instagram bisa digunakan untuk mempromosikan produk bisnis anda. Instagram
bisa di download melalui googleplay dan iStore secara gratis. Berikut beberapa
tips oleh entrepreneur.com tentang menggunakan instagram untuk bisinis:
1. Tampilkan produk anda
Tampilkan produk anda seperti toko
yang sedang menampilkan semua produknya, karena banyak orang menyukai window
shoping. Agar produk anda bisa dilihat banyak orang, maka add follower
sebanyak-banyaknya. Untuk lebih menarik maka ajaklah follower anda untuk berinteraksi
dengan menanyakan pendapat mereka tentang gambar yang anda tampilkan. Tampilkan
juga produk terfavorit anda.
2. Tampilkan proses pembuatan
produk
Beri kesempatan untuk follower anda
agar bisa melihat proses pembuatan produk anda. Jika proses terlalu panjang,
maka anda bisa memotong-motongnya menjadi beberapa bagian dan diupload perhari,
sehingga follower merasa penasaran untuk mengikuti proses-proses pembuatan
selanjutnya.
3. Tampilkan behind the scene
Melaunching sebuah produk adalah
proses yang panjang dan memerlukan kerja extra, karena itu anda bisa
menampilkan proses behind the scene. Tujuannya adalah melibatkan
Follower pada produk anda.
4. Tampilkan kegunaan produk
bagi pelanggan
Gunakan instagram untuk mengetahui
pengalaman follower anda saat menggunakan produk anda. Minta mereka untuk
mengupload pengalaman mereka, jika memungkinkan berikan hadiah untuk foto
terbaik.
5. Tampilkan kantor anda
Mungkin pelanggan anda
bertanya-tanya, bagaimana rasanya jika bekerja di kantor anda? Anda bisa menjawab
ini dengan menampilkan foto-foto karyawan anda atau acara-acara menarik di
kantor anda.
Teruslah aktif mempublikasikan
foto-foto anda menggunakan instagram, semakin anda rajin, anda akan semakin
memiliki banyak follower dan tentunya memperluas pasar anda. selamat
mencoba.
Seperti itulah gambaran mengenai penggunaan
instagram sebagai media promosi untuk usaha online. Semoga bermanfaat dan
selamat menjalankan usaha online!
Sumber :
pengusahamuslim.com
0 Response to "Memanfaatkan Instagram Sebagai Media Promosi"
Post a Comment